Selasa, 24 Maret 2020 14:55

Cegah Corona, Sudah 1.105 Warga Bengkalis Masuk Daftar Pemantauan

Hingga hari ini Tim Gugus Tugas Kabupaten Bengkalis mencatat 1.105 warga dalam pemantauan dan sudah dilakukan pemantauan. Kemudian sebanyak 118 orang sedang menjalani karantina.

Riauterkini-BENGKALIS- Gugus Tugas Pemerintah Kabupaten Pemkab (Pemkab) Bengkalis yang sudah dibentuk terhadap pencegahan, serta pengendalian dan menetapkan status siaga non bencana penyebaran wabah virus corona atau covid-19, hingga hari ini mencatat sudah 1.105 orang warga yang masuk dalam orang dalam pemantauan (ODP). Mulai dari yang sedang dipantau oleh tenaga kesehatan dan yang sudah selesai dalam pemantauan.

ODP tersebut merupakan warga yang mayoritas mempunyai riwayat dari luar negeri, dan dipantau oleh masing-masing pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) yang ada di kecamatan.

Dilaporkan bahwa hingga siang tadi jumlah yang disedang dalam pemantauan keseluruhannya berjumlah 696 orang, tersebar di Puskesmas Selatbaru 188 orang, Puskesmas Pambang 98 orang, Puskesmas Pematang Duku 89 orang, Puskesmas Bengkalis 254 orang, Puskesmas Sungai Pakning 28 orang, Puskesmas Lubuk Muda 5 orang, Puskesmas Tenggayun 3 orang, Puskesmas Rupat 15, Teluk Lecah 3 orang dan Puskesmas Duri Kota 4 orang.

Sedangkan yang sudah selesai dilakukan pemantauan di seluruh Puskesmas berjumlah 281 orang.

Sehingga saat ini, jika ditotal dalam sedang pemantauan dan sudah selesai pemantauan berjumlah 977 orang.

ODP pulang dari luar negeri terjadi penambahan setelah pemulangan ratusan warga dari Malaysia Senin (23/3/20) kemarin mencapai 118 orang dan menjalani karantina (sebelumnya disampaikan ada 141 orang, red). Sehingga menurut Tim Gugus Tugas Pemkab Bengkalis, jumlah total ODP saat ini mencapai 1.105 orang.

"Sampai saat ini ODP yang kembali dari luar negeri seluruhnya termasuk yang dikarantina mencapai 1.105 orang yang ada di Kabupaten Bengkalis. Kita berdoa dengan segala keterbatasan dapat melakukan penanggulangan penyebaran virus di daerah ini," ungkap Pelaksana Tugas Harian (Plh) Bupati Bengkalis, H. Bustami HY didampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Ersan Saputra TH, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), H. Tajul Mudaris, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) saat konferensi pers, Selasa (24/3/20) siang.

Kemudian Kabupaten Bengkalis telah menyiapkan tiga rumah sakit untuk mengisolasi pasien dalam pengawasan (PDP) yang dicurigai terpapar virus corona, RSUD Bengkalis, RSUD Mandau, RS Permata Hati Duri.

Hingga hari ini, jumlah seluruhnya warga Bengkalis yang menjalani isolasi atau PDP sebanyak 7 orang, yakni diisolasi di RSUD Bengkalis 6 pasien, 2 telah dipulangkan, di RSUD Mandau 1 orang dan sudah dipulangkan karena negatif terpapar virus corona.

Dari 7 PDP dan sebagian sudah dipulang, tinggal 4 orang berada di RSUD Bengkalis menunggu hasil tes apakah positif atau negatif corona.

"Sementara ini penting kita melakukan diam diri di rumah, untuk emmutuskan mata rantai virus itu. Kita juga melakukan berbagai usaha pencegahan dan mengantisipasi penyebaran virus ini di daerah kita," ungkap Bustami lagi.***(dik)

Foto : Plh Bupati Bengkalis H. Bustami HY didampingi Kepala Dinkes dr. Ersan Saputra saat konferensi pers, Selasa (24/3/20).

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang