Selasa, 24 Maret 2020 09:53

Cegah Penyebaran Covid19, Polda Riau Gelar Patroli Skala Besar

Patroli skala besar dilakukan Polda Riau untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

Riauterkini - PEKANBARU - Menindaklanjuti instruksi Kapolri untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid19, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi SH SIK MSI memimpin patroli skala besar diwilayah Riau. salah satunya yakni dengan menyusuri jalan diwilayah kota Pekanbaru Senin malam (23/03/2020) malam tadi.

Sasaran patroli ini yaitu tempat- tempat keramaian dan berkumpulnya masyarakat. Misalnya di bilangan Jalan Sudirman, Jalan A Yani, Jalan Riau, Jalan Soekarno Hatta hingga Arifin Ahmad.

“Kita menggelar patroli skala besar malam hari ini untuk menjaga keselamatan masyarakat di Riau, kita harus melakukan upaya dan tindakan nyata untuk bisa memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19, keselamatan masyarakat adalah hal yang utama, oleh karenanya mari kita wujudkan itu secara bersama sama," paparnya

Bersama kekuatan personel dari Dit Samapta, Sat Brimob, Dit Krimum, Dit Krimsus, Dit Intel, Dit Lantas serta Polresta Pekanbaru, tim yang terbagi dalam 2 kelompok tersebut bergerak setelah mendapatkan arahan dari Karo Ops Kombes Pol Drs Rahmad Hidayat bersama Dandat Brimob Kombes Abdul Hasyim SH MSI.

Dalam kegiatan tersebut, para petugas memberikan himbauan kepada masyarakat yang berkumpul untuk pulang ke rumah masing masing dalam rangka pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid19.

Petugas juga menggunakan pengeras suara memberikan himbauan kepada sekelompok masyarakat yang nongkrong di pinggiran jalan, agar kembali kerumah masing masing.

Tak haya itu, petugas juga membubarkan berkumpulnya masyarakat di cafe-cafe sepanjang jalan Sudirman dan warung warung sekitaran purna MTQ.

Langkah serupa juga dilakukan oleh Direktorat Polisi Air (Polair) Polda Riau. Dimana pihaknya juga menggelar patroli sepanjang sungai Siak untuk menghimbau warga yang nongkrong ditepian sungai.

Operasi ini dipimpin langsung oleh Direktur Polairud Kombes Badarudin. Mereka mengerahkan armada 8 unit kapal patroli, 1 unit RIB serta 1 unit tactical yang diturunkan untuk pengawasan dan antisipasi di pelabuhan tikus dan juga tim open ship untuk sosialisasi.

"Kita memberikan imbauan dan sosialisasi pada masyarakat agar terhindar dari virus corona dengan tidak berkerumun, menjalankan social distancing dan tetap menjaga kebersihan diri," bebernya.

Untuk diketahui, saat ini terdapat 1,823 orang warga Riau masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (OPD) terkait virus Corona (Covid-19). 4orang diantaranya sudah selesai pemantauan, 55 masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Namun, ada 42 pasien yang masih menjalani perawatan. Untuk pasien yang dinyatakan negatif terpapar virus yang mewabah di kota Wuhan, China itu ada 15 orang. Dari jumlah itu 13 diantaranya sudah diperbolehkan pulang kekediamannya masing- masing. Selanjutnya, sampai saat ini pasien yang dinyatakan positif oleh pemerintah Riau hanya 1 orang.***(arl)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang