Senin, 23 Maret 2020 18:58

Saat Telekonprens, Sekda Paparkan Kesiapan Pemkab Rohul Penanggulangan Covid-19

Sekda telah memaparkan semua langkah yang telah dilakukan Pemkab Rohul dalam penanganan virus corona atau Covid-19 kepada Gubernur Riau melalui siaran langsung telekonprens.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Drs H Abadul Haris M.Si memaparkan kesiapan dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) kepada Gubernur Riau (Gubri) Drs H Syamsuar M.Si, dalam upaya mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Hal itu disampaikan Sekda Rokan Hulu Abdul Haris pada siaran langsung telekonprens dengan Gubri Syamsuar didampingi para Forkompinda Riau di Ruangan Rapat Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu, Senin (23/3/2020).

Telekonprens tersebut turut dihadiri Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting beserta sejumlah perwira Polres, Kepala Dinkes Rokan Hulu dr Bambang Triono, Direktur RSUD Rokan Hulu dr Novil, Kasatpol PP dan Damkar Rokan Hulu Ridarmanto, Kadiskominfo Rokan Hulu Drs Yusmar M.Si, Kadishub, serta pejabat Pemkab Rokan Hulu lainnya.

Saat telekonpres dengan Gubri Syamsuar, Sekda Rokan Hulu secara langsung telah menjelaskan satu persatu langkah yang telah dilakukan dan akan dilaksanakan Pemkab Rokan Hulu melibatkan seluruh instansi terkait, terutama dalam penanggulangan bagi warga yang terpapar wabah Corona.

"Kesiapan kita antara lain, sudah menyiapkan fasilitas-fasilitas jika dibutuhkan, termasuk di RSUD Rohul juga kita merubah ruangan VIP yang selama ini digunakan sehari kita rombak untuk disediakan bila terjadi kebutuhan ruangan isolasi," papar Sekda Rokan Hulu kepada Gubri Syamsuar.

Sekda menerangkan daerah juga telah mencadangkan beberapa tempat untuk ruang isolasi jika memang dibutuhkan, termasuk shelter BPBD Rokan Hulu dan BLK milik provinsi Riau.

Selain itu, Pemkab Rokan Hulu juga telah membentuk beberapa Posko penanggulangan Covid-19, seperti di markas PMI Kabupaten Rokan Hulu, dan seminggu terakhir petugas telah stand by, dan bila dibutuhkan bisa dipanggil.

"Petugas bisa dihubungi termasuk dengan peralatan, ambulance yang ada disana. Kita sudah melakukan imbauan-imbauan ke masyarakat dan sudah menyampaikan edaran ke masyarakat di Rokan Hulu," jelas Sekda Rokan Hulu ke wartawan usai telekonprens dengan Gubri.

Sekda mengaku Pemkab Rokan Hulu juga sudah melakukan sosialisasi dan menyampaikan, bagaimana masyarakat supaya tidak berkumpul beramai-ramai, menahan diri agar tidak keluar rumah, dan memperbanyak waktu di dalam rumah, terkecuali ada hal yang penting.

ASN atau PNS di lingkungan Pemkab Rokan Hulu mulai Senin (23/3/2020) juga sudah mulai bekerja dari rumah, terkhusus untuk staf dan pejabat eselon IV.

Sedangkan untuk ASN yang bekerja di kantor pelayanan ditunjuk untuk piket. Ada piket yang menerima berkas berkas pelayanan, lalu pekerjaan dikirim ke rekannya di rumah. Setelah berkas selesai baru dikirim kembali ke kantor.

"Masyarakat bisa mengambil kembali berkas dengan petugas yang piket. Kita berlakukan sampai 31 Maret 2020, dan setelah itu kita akan mengikuti tentunya arahan pemerintah pusat," terangnya.

Masih didampingi Kapolres Rokan Hulu, Sekda Haris juga mengaku Pemkab Rokan Hulu telah melakukan pergeseran anggaran untuk mengatasi virus Corona dengan penyesuaian kebutuhan, terutama kebutuhan dalam melakukan pengecekan terhadap masyarakat, baik pengecekan yang sifatnya rutin maupun pemeriksaan yang harus dilakukan jika ditemukan indikasi-indikasi Corona.

"Sehingga dibutuhkan lanjutan yang semuanya harus kita akomodir, termasuk semua petugas kita harus bekerja ekstra, baik untuk pemeriksaan yang rutin."

"Juga akan didirikan posko di pintu-pintu masuk ke Rokan Hulu, baik dari luar sebelah dari Pekanbaru atau dari Sumatera Barat ataupun nanti dari Sumatera Utara, jadi semua tentu membutuhkan juga dukungan pembiayaan," tambah Sekda.

"Termasuk kelengkapan dibutuhkan petugas untuk memenuhi alat pelindung diri dan peralatan kerja yang memang dibutuhkan, namun ini kita melakukan sesuai prosedur dan sesuai dengan arahan pemerintah pusat maupun Pemerintah Provinsi Riau," kata Sekda Abdul Haris lagi.

Sementara, Kapolres Rokan Hulu AKBP Dasmin Ginting mengaku saat ini pihak Kepolisian telah ikut melakukan langkah-langkah mengantisipasi Covid-19, seperti dengan menjaga ketersediaan sarana prasarana, terutama seperti penyediaan hand sanitizer, masker, dan lainnya.

"Personel kita (Polres) juga sudah melakukan langkah-langkah seperti bekerja bersama dengan teman-teman yang lain mengecek ke gudang-gudang dan berapa apotek, guna mengetahui bagaimana ketersediaan masker maupun hand sanitizer," jelas Kapolres.

Bagi oknum-oknum yang mencoba mengambil keuntungan dengan cara menimbun Sembako, tegas Kapolres Rokan Hulu, Kepolisian tentunya akan menindak tegas oknum tersebut.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

Keterangan Foto: Sekda Rokan Hulu Abdul Haris, bersama Kapoles, Kadinkes, Direktur RSUD Rokan Hulu, Kasat Pol PP dan pejabat lain tengah telekonprens dengan Gubernur Riau yang didampingi para pejabat Formompinda Riau terkait penanganan virus corona di seluruh kabupaten/ kota.



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang