Ahad, 15 Maret 2020 10:38

BI Kpw Riau Gelar Puncak Pekan QRIS

Setelah mensosialisasikan di berbagai tempat, Bank Indonesia Kpw Riau menggelar puncak Pekan QRIS dengan hastag 'Sile Pakai QRIS'.

Riauterkini-PEKANBARU- Setelah melakukan sosialisasi terkait penggunaan QRIS di beberapa titik seperti di Pasar Wisata Pekanbaru, Kampus UMRI, Pengurus Masjid dan Majelis Taklim, Al Ihsan Boarding School dan Mal SKA Pekanbaru serta talk show di radio dan TV, puncak Pekan QRIS digelar di halaman kantor Bank Indonesia Kpw Riau, Ahad (15/3/20).

Acara puncak Pekan QRIS selain dimeriahkan dengan Zumba QRIS yang diikuti seluruh undangan dan warga yang hadir di acara tersebut, juga diisi dengan sosialisasi pencegahan dan tips terhindar dari virus COVID-19 oleh dr. Firmansyah Dwi Anggara SpPD dari RS Zainab Pekanbaru.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Decymus kembali mengajak peserta yang hadir untuk menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) karena banyak untungnya.

"QRIS adalah standar kode respons cepat (QR code) untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik berbasis server, dompet elektronik atau mobile banking yang ditetapkan oleh Bank Indonesia bersama industri pembayaran, baik bank atau nonbank, yang digunakan dalam memfasilitasi transaksi pembayaran retail di Indonesia." jelasnya.

Decymus mengatakan banyak yang bisa didapatkan oleh customer dan merchant dengan menggunakan QRIS karena QRIS itu UNGGUL.

Pertama, QRIS itu UNiversal atau inklusif sehingga dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Kemudian menggunakan QRIS itu GampanG, karena transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan aman dalam satu genggaman.

"Menggunakan QRIS itu Untung, karena satu QR code dapat digunakan oleh semua aplikasi. Yang terakhir, penggunaan QRIS secara Langsung membuat transaksi menjadi cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran," terangnya.

Sementara menurut Kepala Divisi Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau, Asral Mashuri, meski kegiatan Pekan QRIS sudah mencapai puncaknya, namun bukan berarti ini selesai.

"Tujuan utama kita tentu saja bukan kegiatan entertainment seperti ini, tapi targetnya bagaimana masyarakat terbiasa menggunakan QRIS ini," katanya.

Memang tidak akan mudah, perlu waktu untuk membiasakan masyarakat pakai QRIS.

"Makanya nanti BI akan memantau secara rutin penggunaan QRIS di lapangan oleh para merchants dan lainnya.

Asral pun kembali mengajak masyarakat Riau untuk menggunakan QRIS dalam setiap transaksinya, apalagi sekarang tidak hanya soal pembayaran, QRIS pun bisa digunakan untuk berinfak/sedekah. *(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang