Kamis, 12 Maret 2020 08:18

33 Ribu Bibit Ikan Nila Akan Disemai Bupati di Seluruh Desa Kuansing

Pemkab Kuansing mendorong sektor perikanan sebagai sumber ekonomi masyarakat. 33 ribu bibit Ikan Nilai akan disebar di seluruh desa.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Bupati Kuansing, Drs. H. Mursini, M.Si mempunyai tekad kuat untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, tujuannya untuk perbaikan perekonomian masyarakat.

Tekad ini, ia wujudkan melalui berbagai program, baik itu melalui bidang perkebunan, pertanian maupun perikanan. Lewat bidang perkebunan program yang telah ia jalankan yakni pembagian bibit sawit gratis.

Bidang pertanian, program yang ia wujudkan yakni penyaluran fasilitas pendukung pertanian, seperti handtraktor serta peralatan pertanian lainnya.

Begitupun sebaliknya, di bidang perikanan program yang ia lakukan untuk kalangan nelayan yakni, memberikan bantuan alat penangkap ikan serta perahu mesin untuk menjalankan aktivitas nelayan.

Tidak hanya sampai disitu, kalangan petani ikan pun tak luput dari perhatiannya lewat program pemberian bibit ikan. Untuk rencana ini, di tahun ini juga, Bupati akan menyemai 33 ribu bibit ikan jenis nila di seluruh desa se Kuansing.

Rencana ini, ia beberkan saat menyemai bibit ikan nila di Desa Sangau, milik Bumdes setempat, Rabu (11/3/2020) kemarin.

"Insya Allah tahun ini kita akan semai 33 ribu bibit ikan jenis nila di seluruh desa di Kuansing," ungkapnya dihadapan masyarakat Sangau.

Tidak hanya sekedar pemberian bibit, masalah pemasaran juga menjadi perhatian Bupati, sebab selama ini petani selalu terkendala dengan masalah pemasaran.

"Untuk masalah ini kita minta dinas perikan mengatur masa semai, agar tidak terjadi waktu panen yang sama. Dengan adanya lumbung ikan di Kuansing, kita berharap ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Dalam hal ini, menurutnya, Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, melalui dinas perikanan dan ketahan pangan telah melakukan upaya untuk meningkatkan produksi perikanan.

Apalagi saat ini menurutnya, ada budidaya teknologi kerambah jaring apung, dimana budidaya ini sekarang tengah berkembang dan sangat efisiensi dalam pemanfaatannya.

"Maka untuk bidang ini, kita juga komit untuk mengembangkannya, langkahnya telah kita lakukan lewat upaya dinas perikanan mengenai peningkatan produksi," jelas Bupati.* (Jok) 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang