Kamis, 27 Pebruari 2020 16:20

Gubri: Manfaatkan Sensus Penduduk dengan Baik

Sebagai daerah migrasi, Pemprov Riau akan memanfaatkan hasil sensus penduduk sebaik-baiknya.

PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyatakan Riau adalah daerah migrasi, oleh sebab itu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau harus bisa memanfaatkan sensus penduduk dengan baik.

"Riau merupakan daerah migrasi, karena cukup banyak orang yang datang dan menetap di Riau untuk mencari sumber-sumber kehidupan. Maka dari itu, masyarakat Riau dapat memanfaatkan sensus penduduk dengan baik," ungkap Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Kamis (27/2/2020).

Menurut Gubri, untuk menyiapkan perencanaan yang bagus tentunya juga harus disiapkan dengan jumlah kepastian penduduk. Bagaimanapun Pemprov Riau, ungkapnya, juga harus menyiapkan sarana dan prasarana, pangan, sembako, termasuk pendidikan yang layak, sarana kesehatan dan lainnya yang ada kaitan dengan jumlah penduduk.

"Saat ini jumlah penduduk Riau ada sekitar 7 juta jiwa. Menurut analisa dan perhitunga saya, dengan begitu besarnya angka migrasi di Riau, mungkin jumlah penduduk Riau sekarang sudah lebih dari 7 juta jiwa," ujarnya.

Sebab itu, pemerintah sekarang telah menetapkan sensus penduduk online pada tahun 2020 ini. Dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat dalam mendaftar sensus penduduk.

"Selain itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) yang ikut menangani masalah sensus penduduk, juga mengatakan bahwa nantinya juga akan melakukan wawancara langsung ke rumah penduduk demi untuk melengkapi data sensus penduduk secara online dengan harapan dapat memperoleh angka 30 persen," imbuhnya.

"Harus mulai dari perencanaan pembangunan dari Pemerintah Pusat sampai dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, karena ini sangat penting. Kalau kita salah dalam mendata jumlah penduduk tentunya juga salah dari segi perencanaan pembangunan," terangnya. (mok/adv)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang