Sabtu, 22 Pebruari 2020 16:28

Pemprov Riau Gesa Progres APBD 2020

Agar tak terkendala di penghujung tahun, Pemprov Riau mengoptimalkan realisasi APBD 2020.

Riauterkini - PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau komit untuk mengoptimalkan angka realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020. Hal ini menjadi perhatian, agar tidak terkendala untuk realisasi di penghujung tahun mendatang.

Hal itu dapat dimulai dengan menggesa proses persiapan pengadaan dan tahapan pendukung lainnya. Bahkan, untuk proses pengadaan juga harus mengacu pada mekanisme yang berkaku karena juga menjadi perhatian lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Gubernur Riau H Syamsuar mengatakan, hal itu sejatinya harus menjadi perhatian ekstra. Untuk itu kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau harus dapat mempersiapknan Rencana Umum Pengadaan (RUP) kegiatan tahun 2020.

“Kepala OPD harus menggesa itu. Iya saya ada dapat laporan bahwa masih banyak OPD yang belum mengumumkan RUP. Ini tolong jadi perhatian lah untuk disegerakan,” tuturnya.

Selain itu, proses yang dilalui juga harus sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku. Pasalnya pihak KPK memonitor nilai pengadaan nampak belum tinggi dan dapat berimbas pada angka realisasi yang akan rendah dan tidak maksimal.

Dengan tahapan itu, diharapkan tidak ada lagi kendala teknis karena adanya uang yang terpendam itu karena progres pencairan anggaran dari daerah yang lambat. Untuk itu, persoalan tersebut harus diantisipasi sejak dini dan menjadi perhatian bagi kepala OPD.***(adv/mok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang