Sabtu, 22 Pebruari 2020 15:56

Persis Riau Gelar Muswil III

Persis Riau menggelar Muswil III. Ke depan Persis diharapkan dapat membawa ajaran Islam di kehidupan masyarakat Riau.

Riauterkini-PEKANBARU-Sabtu (22/2/20) Pengurus Wilayah Persatuan Islam (Persis) Riau dan Persatuan Islam Istri (Persistri) menggelar Musyawarah Wilayah ke III yang mengambil tema, Menegaskan Peran Jamiiyyah Persis Sebagai Harokah Dakwah di Bumi Lancang Kuning. Rangkaian kegiatan Muswil diawali donor darah di PMI Pekanbaru pada 15 Februari 2020 lalu yang diikuti keluarga besar Persis Riau.

Pelaksanaan Muswil III di mulai dengan Pelatikan Himpunan Mahasiswa Persatuan Islam (HIMA Persis). Kemudian dilaksanakan Bedah Buku karya DR H Jeje Zainudin, sekaligus Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Persis.

Demikian dikatakan Ketua Persis Riau, Yana Mulyana. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan Muswil III Persis Riau ini selain untuk memenuhi aturan dalam AD ART, juga ingin menunjukkan bahwa Persis dan Persistri sudah eksis di seluruh pelosok Bumi Lancang Kuning.

Ditanya mengenai siapa kandidat yang akan menjadi Ketua Persis Riau masa jihad 2020-2024 Ustadz Yana menyampaikan bahwa Persis Riau mempunyai banyak kader untuk menahkodai Persis Riau.

"Satu tradisi di Persis pemilihan Ketua tidak dilakukan dengan voting namun dengan musyawarah. Nanti seluruh Ketua Pengurus Daerah se Riau beserta Badan otonom seperti Persatuan Islam Istri (Persistri), Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan Himpunan Mahasiswi (HIMI) dipimpin oleh Pimpinan Pusat akan bermusyawarah untuk memih Ketua yang akan diamanahi. Jadi di Persis, pemilihan ketua sangat sederhana karena menggunakan sistim musyawarah," terangnya.

Selain itu, tambahnya, dalam rangkaian kegiatan juga dilaksanakan pemberian santunan kepada Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Pekanbaru dan penampilan anak anak TK yang diasuh oleh Persatuan Islam Istri (Persistri).

Kasi Haji Kemenag Wilayah Riau, Drs Asril MM dalam sambutannya mengatakan bahwa Persis diharapkan dapat mengajak masyarakat Riau untuk kembali ke ajaran Al Quran. Ke depannya masyarakat Riau dalam kehidupan sehari harinya sesuai dengan ajaran Islam.

"Organisasi ini diharapkan akan dapat meningkatkan usaha usahanya sehingga dapat membantu pemerintah dalameningkarkan kesejahtaraan ekonomi masyarakat Riau khususnya," harapnya.

Ketua Panitia Muswil III Persis, Ustadz Zaki Taofik Hidayat Ketua Panitia yang di dampingi Budi Ritonga sebagai Sekretaris panitia mengatakan bahwa salah satu rangkaian kegiatan Muswil III Persis Riau adalah bedah biku. Acara bedah buku dihadiri Kapolda Riau dan Danrem 031 Wirabima yang akan bertindak sebagai keynote speaker dan sebagai pembanding adalah Dr. Hajar Hasan Ketua Syuriah NU, Dr. Saidul Amin Ketua Muhamaddiyah Riau dan Ustdz Yana Mulyana S.PdI Ketua Persis Riau.

Selain itu, tambahnya, kegiatan Muswil III Persis Riau juga diikuti beberapa stand bazar yang diisi beberapa UKM yang ada di Pekanbaru.

"Yang tak kalah menarik dari Muswil ini adalah adanya buku, majalah dan buletin gratis yang disediakan panitia disaat pembukaan Muswil. Buku dan majalah serta buletin semuanya sumbangan dari jamaah Persis di Pekanbaru. Namun syaratnya seorang hanya boleh mengambil 2 judul buku atau dan 5 lembar buletin dan tidak boleh lebih," tambah Ustadz Zaki.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang