Kamis, 20 Pebruari 2020 16:54

DPRD Bengkalis Desak Pemkab Usulkan Perda RTRW Kabupaten

Menyusul adanya desakan dari pemerintah pusat, DPRD Bengkalis meminta agar Pemkab segera mengajukan usulan Perda RTRW kabupaten.

Riauterkini-BENGKALIS- Menyusul mulai adanya desakan dari pemerintah pusat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis mendesak agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) segera mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Perda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten, karena daerah ini belum memiliki Perda RTRW kabupaten.

Pemerintah pusat mendesak agar setiap kabupaten/kota di Riau, bahwa pada Mei 2020 ini harus selesai Perda RTRW. Ini harus digesa biarpun tak masuk dalam program legislasi daerah (Prolegda) Kabupaten Bengkalis.

"Saya sudah menghubungi Bagian Hukum Setda Bengkalis agar segera diusulkan Ranperda RTRW agar DPRD dapat segera menindaklanjuti, karena tujuannya adalah untuk kepastian pembangunan daerah," ungkap Ketua DPRD Bengkalis H. Khairul Umam kepada wartawan, Kamis (20/2/20)

Lebih lanjut disampaikan anggota dewan yang akrab disapa Ustadz KU ini menyampaikan, sebelum Raperda diserahkan ke DPRD  harus ada rekomendasi dari Kementerian ATR. Manfaat RTRW, juga memberikan kepastian perizinan, investasi dunia usaha, pelestarian lingkungan hidup dan kearifan lokal.

"Apalagi, kabupaten Bengkalis merupakan daerah pengembangan investasi yang tentu saja akan memberikan manfaat bagi kemajuan daerah," imbuhnya.

Dengan adanya perda RTRW pemanfaatan Tanah Objek Rancangan Agraria (TORA) bisa maksimal baik untuk masyarakat dan pendapat asli daerah meningkatkan.

"Kabupaten Bengkalis pemanfaatan TORA baru 19 persen dan masyarakat banyak yang mau naikkan surat tanah  menjadi sertifikat banyak yang gugur atau ditolak karena masuk kawasan merah dari BPN maka perlu perda RTRW," kata ketua DPRD.

Di Pemkab Bengkalis sendiri dengan banyak nya masyarakat punya tanah sertifikat bisa diagunkan ke bank dan Pemkab bisa mendapatkan dari PBB termasuk mengenai batas-batas wilayah desa, kecamatan dan antar kabupaten.***(dik)

Foto : H. Khairul Umam, Ketua DPRD Bengkalis

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang