Selasa, 18 Pebruari 2020 07:57

Sekda Kuansing Panen Raya Bawang Merah di Benai

Kelompok Tani Beken Jaya sukses membudidayakan bawang merah. Panen rayanya dihadiri Bupati yang diwakili Sekda Kuansing.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si diwakili Sekretaris Daerah DR. Dianto Mampanini, SE. MT panen raya bawang merah milik kelompok tani "Beken Jaya" Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai, Senin (17/2/2020) kemarin.

Atas nama Pemerintah Daerah, Sekda Kuansing, merasa cukup bangga dengan Kelompok Tani Beken Jaya, karena sukses membudidayakan bawang merah di Kabupaten Kuantan Singingi.

Kedepanya, Sekda berharap Kecamatan Benai, bisa menjadi sentra Bawang Merah di Provinsi Riau, sehingga bisa memenuhi kebutuhan bawang merah di Daerah maupun Provinsi Riau.

"Pemerintah Daerah dalam hal ini sangat mendukung upaya yang telah digalakkan Kelompok Tani Beken Jaya, karena kesuksesannya membudidayakan sayuran jenis bawang ini," ungkap Sekda.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan, keberadaan sayur mayur saat ini sudah menjadi penopang perekonomian masyarakat, terutama jenis bawang merah, sebab sudah menjadi kebutuhan sehari - hari untuk dikonsumsi masyarakat.

Menurut Sekda, khusus untuk sayuran jenis bawang merah, saat ini 75 persennya produksinya berada di Pulau Jawa, seperti Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur, serta juga terdapat di NTB.

Sementara sisanya sebanyak 25 persen berdasarkan perhitungan data pertanian berada di luar Pulau Jawa, seperti di Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung.

Sedangkan Riau menurutnya, tak masuk dalam daftar 25 persen ini, maka dari itu, ia berharap dengan hadirnya Kelompok Tani Beken Jaya, kedepanya bisa menjadi andalan Riau, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kemudian secara bersamaan, Kadis Pertanian Provinsi Riau, Herman Mahmud, siap memberikan dukungan penuh untuk Kuansing, dalam mengembangkan jenis sayuran bawang merah sebagai sentra di Provinsi Riau.

"Pemerintah Provinsi Riau, dalam hal ini sangat mendukung penuh atas apa yang dilakukan Kelompok Tani Beken Jaya, kami sangat mensuport, apalagi ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat," sebutnya.

Kegiatan panen raya ini dihadir Kadis Pertanian Provinsi Riau Herman, Sekda, Anggota DPRD Kuansing Aprison, Romi Alpisah Putra, Kepala Bappedalitbang Maisir, Kadis Pertanian Ir. Emerson.

Kadis Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Samsir Alam, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Azhar Ali dan kepala Perangkat Daerah lainnya serta Pemerintah Kecamatan Benai, Kepala Desa Benai Kecil serta dari pihak PT. Cap Tanah Merah.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang