Senin, 17 Pebruari 2020 13:07

Diarak Puluhan Becak, 62 Orang Kades Se-Inhu Dilantik Bupati Yopi

62 kepala desa dilantik sekalogis oleh Bupati Inhu. Didahului prosesi pawai diarak puluhan becak dayung.

Riauterkini-RENGAT-Berbeda dari sebelumnya, prosesi pelantikan Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kali ini dilakukan secara serentak. Selain meriah sebanyak 62 orang Kades terpilih tersebut juga diarak menaiki becak, menuju gedung Dang Purnama tempat digelarnya pelantikan yang dipimpin langsung oleh Bupati Inhu Yopi Arianto.

Walau meriah dengan dielu-elukan oleh masyarakat, prosesi pelantikan 62 orang Kades terpilih yang digelar di gedung Dang Purnama Rengat, Senin (17/2/20) secara serentak di satu tempat ini dilakukan agar lebih irit dan efisien. Sebagaimana disampaikan Bupati Inhu Yopi Arianto dalam sambutanya.

"Kalau pelantikan dilangsungkan di desa masing-masing atau kecamatan, maka kades terpilih akan keluar uang minimal Rp15 juta bahkan bisa lebih. Jika disatukan kan penghematan," ujarnya.

Selain itu prosesi pelantikan yang digelar di satu tempat di kota Rengat ini juga dimaksudkan agar para Kades dan warganya dapat melihat lebih dekat ibukota kabupaten Inhu, dengan segala sarana pendukungnya seperti objek wisata danau Raja dan lainya.

"Dengan digelarnya prosesi pelantikan secara serentak di satu tempat di kota Rengat ini, para Kades yang dilantik dan keluarga beserta warganya tentunya dapat melihat lebih dekat ibukota kabupaten Inhu. Terutama objek wisata Danau Raja dan lainya," ungkapnya.

Pemilihan Kades di Inhu yang berlangsung lancar, merupakan cerminan demokrasi yang luar biasa. Untuk itu Bupati Yopi mengingatkan agar Kades bersinergi dengan berbagai pihak. Terutama dalam pengelolaan dana desa dan menjaga kestabilan desa, karena jika desa stabil tentu daerah stabil dan negara juga stabil.

"Kades harus transparan dalam penggunaan dana pembangunan, bawa generasi muda, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan dalam perencanaan pembangunan desa, selain itu jaga selalu kestabilan desa. Jika sudah stabil tentu masyaralat nyaman dan jika nyaman ekonomi berkembang, jika ekonomi berkembang masyarakat tentu akan sejahtera," tegasnya. *** (guh)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang