Ahad, 16 Pebruari 2020 20:35

Gelar PSU, MAN 1 Pekanbaru Diserbu Seribuan Calon Siswa

Jalan Bandeng Pekanbaru mendadak macet, karena seribuan calon siswa dari berbagai sekolah di Pekanbaru dan kabupaten/kota lainnya di Riau, mengikuti tes penerimaan siswa melalui jalur penjaringan siswa unggul atau PSU.

PEKANBARU-riauterkini- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru mengadakan tes penerimaan siswa baru melalui jalur penerimaan siswa unggul (PSU), Ahad (16/02/2020). Jalan Bandeng tempat sekolah itu beralamat, seketika macet total, karena seribuan calon siswa beserta orangtuanya datang dari berbagai wilayah di Riau ke sana.

Tes dilakukan dengan sistem CBT (computer based test). Para calon siswa diharuskan untuk membawa hp android atau laptop atau tablet saat tes berlangsung. Pendaftaran telah dibuka sejak 1-13 Februari lalu. Setelah dilakukan tes hari ini, pengumuman kelulusan akan dilakukan pada 21 Februari mendatang.

Kepala MAN 1 Pekanbaru H Marzuki, MPd mengatakan, seribuan calon siswa itu akan menjalani tes dan hanya yang terbaik yang akan diterima. Pihak sekolah menyediakan tempat untuk 200 siswa.

Ada empat jurusan di sekolah ini, yaitu Kelas Agama, MIA, Sosial dan Bahasa. Materi tes meliputi tes akademik, peminatan dan tes lisan.

Peminatan di MAN 1 Pekanbaru terbagi empat yaitu IPA (penguatan smart class olimpiade, riset dan robotik), IPS (penguatan smart class olimpiade sosial dan riset), Agama (penguatan smart class Timur Tengah) dan Bahasa (international class).

Salah seorang calon siswa, Permata Aulia mengatakan, sangat antusias mengikuti tes dan berharap bisa lulus di sekolah favorit itu. Ia mengatakan sangat berminat dengan pelajaran agama, karena itu ia mencoba mengambil jurusan Agama. "Semoga saya lulus," katanya penuh harap.

Peminat sekolah ini ternyata tidak hanya datang dari sekolah agama seperti MTs dan pesantren, melainkan juga dari sekolah umum dan SMP IT. Mereka berdatangan tidak saja dari Pekanbaru dan sekitarnya, melainkan juga dari sejumlah kabupaten kota di Riau. Untuk mereka yang berasal dari luar kota, pihak sekolah menyediakan asrama (sistem boarding) uuntuk putra dan putri. Dengan areal yang cukup luas, sekolah ini menyediakan sejumlah fasilitas olah raga seperti futsal, basket, badminton, tennis meja, volly dan juga silat.

Dengan bimbingan para guru yang berkualitas, para siswa MAN 1 Pekanbaru juga telah mencatatkan prestasi tingkat nasional baik di bidang robotik, maupun olimpiade.[]yan

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang