Kamis, 13 Pebruari 2020 14:07

Sekda Rohul Berharap Pasar Desa Ujung Batu Timur Sebagai Pusat Perekonomian Masyarakat

Sekda Rohul telah meresmikan Pasar Desa Ujung Batu Timur. Ia mengharapkan pasar ini menjadi pusat perekonomian masyarakat.

Riauterkini-UJUNG BATU- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H Abdul Haris S.Sos, M.Si, berharap Pasar Desa Ujung Batu Timur, Kecamatan Ujung Batu bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Sekda Rokan Hulu, Abdul Haris, mewakili Bupati Rokan Hulu H Sukiman, saat meresmikan Pasar Desa Ujung Batu Timur, Rabu (12/02/2020). Pasar yang memiliki los memadai dan representatif ini diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berjual-beli.

Peresmian Pasar Desa Ujung Batu Timur yang ditandai dengan Pembukaan papan selubung ini juga dihadiri Kepala Disperindag Rokan Hulu Drs Hen Irfan, Ketua DWP Rokan Hulu Neti Herawati, Camat Ujung Batu Fisman Hendri S.Hut, dan Kepala Desa Ujung Batu Harde Yanto selaku tuan rumah.

Sekda Haris mengaku Pasar Desa Ujung Batu Timur yang letaknya sangat strategis berada di pinggir jalan ini memiliki potensi yang sangat besar dalam mendongkrak perekonomian masyarakat.

Haris mengharapkan pihak pengelola juga menyediakan makanan dan menjadikan pasar tradisional ini sebagai pusat kuliner tradisional di Kecamatan Ujung Batu.

"Pemkab melalui Disperindag Rohul nanti akan melakukan semenisasi untuk parkir depan dan pembenahan fasilitas umum lainnya. Kita ingin Pasar Desa Ujung Batu Timur banyak makanan-makanan khas kita. Jadi kita ingin nanti pak Kades di bawah bimbingan pak Camat melakukan inovasi melalui Bumdes," harapan besar Sekda.

"Kita harapkan nanti masyarakat yang lewat dari Pasirpangaraian-Pekanbaru atau sebaliknya, bisa mampir di sini untuk menikmati panganan-panganan khas kita, itu nanti akan muncul dari pedagang-pedagang di sini untuk berdagang, sesuai hari yang ditentukan akan bekerjasama dengan pihak ketiga," tambahnya.

Sekda mengaku pembangunan Pasar Desa Ujung Batu Timur tidak langsung jadi, tetapi melalui perencanaan yang matang dari Pemkab Rohul. Untuk halaman dan parkir akan dilakukan semenisasi, termasuk akses jalan masuk pasar, namun untuk perluasan dan sebagainya secara bertahap akan dilakukan.

"Untuk pembangunan seminisasi dan parkir ini sumber pembiayaan bisa dari dari APBN dan APBD Rohul, inovasi yang dilakukan hari ini nanti bisa dinikmati masyarakat Ujung Batu Timur, hasilnya nanti Ujung Batu Timur semakin dikenal di Rokan Hulu dan sebagai gerbang serta menjadi contoh bagi desa lain dan tentunya kita harapkan masyarakatnya semakin sejahtera," sampai Abdul Haris.

Meski ada penambahan Unit Usaha Baru di sektor Pasar Desa Ujung Batu Timur, Sekda berharap Bumdesa Timur Sejahtera juga terus berinovasi.

Ia juga berharap pengurus Bumdes membuka tabungan untuk pelajar. Selain bisa membantu pelajar untuk biaya masuk sekolah, sehingga memberikan edukasi ke anak-anak untuk membiasakan menabung sejak dini.

Selain itu, Sekda juga mengucapkan selamat HUT ke-17 Desa Ujung Batu Timur. Ia berharap desa ini semakin maju dan masyarakatnya sejahtera.

Sebagai kado HUT ke-17 untuk Desa Ujung Batu Timur, Sekda mengaku pada 2020 Pemkab Rokan Hulu akan membangun pengaspalan jalan ke SMP 4 Ujung Batu.

Saat ini, tambah Sekda, Pemkab Rokan Hulu tengah fokus membangun infrastruktur jalan yang dimulai sejak 2017-2019 sepanjang 160 kilometer dan telah terealisasi.

"Ini merupakan capaian terpanjang dalam pembangunan infrastruktur," ungkapnya.

Sementara, Kades Ujung Batu Timur Harde Yanto mengucapkan terima kasih ke Pemkab Rokan Hulu atas dukungan dan telah diresmikannya pasar tradisional di desanya. Diakuinya, pembangunan Pasar Desa Ujung Batu Timur telah dirancang sejak 2003 yang memiliki luas 4 hektar.

Pada kesempatan tersebut, Sekda Rokan Hulu juga ikut merayakan Hari Jadi ke-17 Desa Ujung Batu Timur yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dan pengukuhan perangkat Desa Ujung Batu Timur oleh Kades Harde Yanto.***(Adv/Pemkab Rokan Hulu)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang