Kamis, 13 Pebruari 2020 07:39

Bupati Kuansing Ikut Rakor Penanggulangan Karlahut Bersama Panglima TNI dan kapolri

Digelar rapat koordinasi penanggulangan karlahut dipimpin Kapolri dan Panglima TNI. Bupati Kuansing ikut sebagai peserta.

Riauterkini - PEKANBARU - Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si hadiri rapat koordinasi (Rakor) terkait penanganan kebakaran hutan dan lahan bersama Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Drs. Idam Aziz, Rabu (12/2/2020) kemarin di Pekanbaru.

Rapat koordinasi ini dihadiri seluruh Bupati dan Walikota se Provinsi Riau, termasuk Bupati Kuansing, H. Mursini, serta Gubernur Riau, H. Syamsuar.

Rakor ini merupakan tindak lanjut rakor sebelumnya di Istana Negara Jakarta, beberapa hari lalu yang dibuka Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo, dalam Rakor tersebut, Bupati Kuansing, H. Mursini juga turut hadir.

Mengenai pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini, merupakan komitmen pemerintah pusat dan daerah, baik itu pihak TNI, Polri maupun pemerintah Kabupaten dan Provinsi Riau.

Sebagai langkah awal, bentuk keseriusan pihak Provinsi Riau, dalam menangani pencegahan kebakaran hutan dan lahan ini, Kapolda Riau, meluncurkan Aplikasi dashboard lancang kuning.

Aplikasi yang dibuat ini dapat menentukan titik api, sesingga bisa memudahkan petugas memobilisasi Anggota. Serta Aplikasi ini bisa memberitahukan dimana titik api.

Kemudian juga bisa memberikan info lahan gambut terbakar, serta bisa memberitahukan ada titik api diatasnya. Bahkan, lebih cangginya lagi dapat memberitahukan lahan siapa yang terbakar.

Atas inovasi ini, Panglima TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idam Aziz, memberikan apresiasi kepada pihak pemerintah Provinsi Riau, karena daya nilai manfaatnya yang begitu luar biasa.

Sementara, Bupati Mursini sendiri sebelumnya menyampaikan bahwa mengenai pencegahan penanganan kebakaran hutan dan lahan ini, juga menjadi komitmen pemerintah Kabupaten bersama Forkopimda.

Menurutnya, pihak Pemkab dan Forkopimda siap menjalin sinergisitas dalam mengupayakan pencegahan terhadap kerawanan kebakaran hutan dan lahan di Kuansing.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang