Rabu, 12 Pebruari 2020 17:27

Polisi Amankan Kapal Angkut Ratusan Karung Pakaian Bekas Asal Malaysia di Pambang, Bengkalis

Petugas Polairud amankan satu unit kapal angkut ratusan karung pakaian, ban, kasur bekas tanpa dokumen asal Malaysia. Petugas juga dikabarkan mengamankan beberapa orang tersangka.

Riauterkini-BENGKALIS- Petugas dari Satuan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) dipimpin Komandan Kapal (Danpal) KP. Kedidi 3015, Ipda Rizky Hidayah Harahap, mengamankan satu unit Kapal Motor (KM) Oya Makmur II mengangkut setidaknya lebih kurang 300 karung pakaian, 10 buah kasur, 15 buah sepeda, meja dan kursi kondisi bekas asal Malaysia, Selasa (11/2/20) sekitar pukul 22.30 WIB.

Kapal itu diamankan petugas sedang berlangsung bongkar muatan di pelabuhan tikus yang berada di Teluk Pambang, Desa Pambang Baru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

Informasi yang berhasil dirangkum, pengungkapan ini berawal Senin (10/2/20) sekitar pukul 10.00 WIB, petugas menerima aduan dari masyarakat bahwa di wilayah Perairan Teluk Pambang, Desa Pambang Baru, Kecamatan Bantan sering masuk kapal lundup dari Batu Pahat, Malaysia.

Setelah mendapat informasi, petugas KP. Kedidi 3015 dibagi menjadi dua tim, satu tim lidik dari darat dan tim patroli dari laut menggunakan perahu karet KP. Kedidi 3015. Selanjutnya, Selasa (11/2/20) pukul 15.00 WIB, kedua tim berangkat menuju Teluk Pambang, sekira pkl 22.10 WIB tim lidik KP. Kedidi 3015 menemukan kapal sedang melaksanakan bongkar tim langsung menghubungi tim patroli perahu karet untuk segera menuju ke posisi dan sekira pukul 22.30 WIB, tim dari darat menangkap dan mengamankan kapal beserta tersangka yang sedang melakukan bongkar muat barang dari kapal dinaikan ke dalam beberapa mobil.

Barang bukti yang sudah diamankan selanjutnya dikawal ke Markas Sat Polairud Polres Bengkalis untuk pemeriksaan dan penyidikan lebih lanjut.

Selain barang bukti itu, petugas juga dikabarkan menetapkan tiga orang tersangka, yakni Mish, nakhoda kapal (DPO), Rus (30), sebagai Kepala Kamar Mesin (KKM), dan MI (24), anak buah kapal, keduanya warga Desa Teluk Lancar, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu, Kasat Polairud Polres Bengkalis AKP Hairul Hidayat, S.I.K melalui Kanit Gakkum Ipda Dedi Repo ketika dikonfirmasi riauterkini.com belum bersedia memberikan keterangan resmi, dan masih menunggu pelimpahan.

"Kita masih menunggu pelimpahannya, dan belum bisa memberikan keterangan resmi," ungkap Ipda Dedi Ripo singkat.

Sementara itu dari pantauan di Markas Polairud Polres Bengkalis, sejumlah barang bukti seperti pakaian bekas dalam karung, kursi bekas dan sejumlah barang bukti lainnya sudah diamankan. Termasuk beberapa orang saksi yang dimintai keterangan.***(dik)

Foto : Satu unit kapal berisi muatan ratusan karung pakaian bekas diamankan petugas kepolisian di Desa Lambang Baru, Kecamatan Bantan, Selasa (11/2/20) malam tadi.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang