Rabu, 12 Pebruari 2020 16:18

Bantu Petani, Pemkab Kuansing Akan Kembangkan Industri Hilir Karet

Bupati Kuansing buka Musrenbang di Kecamatan Singingi Hilir. Bupati Mursini sampaikan rencana pengembangan industri hilir karet.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Pemkab Kuansing siap mengembangkan industri hilir komoditi karet, tujuannya untuk menaikkan harga jual karet dikalangan petani.

Untuk langkah awal, saat ini Pemkab sudah mulai merintis pengolahan industri rumah tangga dari bahan baku karet menjadi bahan setengah jadi.

Kedepannya, Pemkab berencana mengolah bahan setengah jadi ini menjadi sol sepatu, keset, vulkanisir, onderdil mobil, sandal dan lain sebaginya.

"Mengenai rencana ini, kita akan bekerjasama dengan Balai Riset Palembang, untuk mengembangkan Industri kecil olahan karet yang cocok di Kabupaten Kuantan Singingi," jelas Bupati Mursini, saat membuka Musrenbang di Kecamatan Singingi Hilir, Rabu (12/2/2020).

Disampaikan Bupati, rencana ini nantinya, selain bisa meningkatkan nilai tambah karet, juga akan dapat menyerap tenaga kerja di Kabupaten Kuantan Singingi.

Kemudian, selain memikirkan nilai jual karet bisa lebih tinggi bagi petani di Kuansing, Pemkab juga akan memperhatikan kualitas karet bagi petani.

Bentuk perhatian ini, Pemkab akan menyalurkan bantuan pupuk bagi petani, sehingga nantinya, karet-karet milik petani bisa bersaing di pasaran.

Untuk saat ini langkah yang sudah dilakukan Pemkab untuk mendongkrak nilai jual agar bisa lebih tinggi, Pemkab telah menyertakan sistim lelang karet yang dipusatkan di Telukkuantan.

Meskipun upaya ini belum maksimal, tapi langkah ini telah dapat membantu para petani karet, dari harga yang awalnya hanya berkisar sekitar 7500 rupiah pada pengepul, melalui sistim lelang bisa sekitar 9500 rupiah.

"Ada selisih harga sekitar 2500, angka ini jika dihitung dalam jumlah sekian kilonya, tentu juga banyak," kata Bupati.

Kedepannya Pemkab akan mengupayakan langkah menetapkan titik lelang karet di seluruh Kecamatan.


"Akan kita upayakan ditiap Kecamatan, titik-titik lelang ini bisa menampung hasil karet milik para petani," sebut Bupati.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang