Selasa, 11 Pebruari 2020 15:25

Atiok, Warga Rupat Terancam 10 Tahun Penjara Karena Rusak HPT dan Terbakar

Diduga kuat sengaja merusak demi kepentingan pribadi di atas lahan HPT dengan membuka perkebunan sawit dan terbakar meluas, Atiok, warga Rupat akan dijerat pasal berlapis. Polisi datangkan ahli pertanahan.

Riauterkini-BENGKALIS- Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Bengkalis Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sigit Adiwuryanto, S.I.K menegaskan, bahwa atas nama pelaku HR alias Atiok (48), pengusaha, warga Desa Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis yang diamankan petugas karena diduga penyebab kebakaran lahan di Desa Titi Akar terus meluas akan dijerat dengan pasal berlapis.

Tidak hanya diduga sengaja membiarkan lahannya terbakar dan terus meluas, ternyata Atiok ini sengaja mengolah lahan kawasan atau Hutan Produksi Terbatas (HPT) tanpa pelepasan untuk membuka perkebunan sawit.

Ancamannya adalah paling singkat 3 tahun penjara dan maksimal 10 tahun penjara.

AKBP Sigit juga menyebutkan, atas perkara itu, Petugas sudah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dipimpin langsung Kasat Reskrim AKP Andrie Setiawan, S.I.K dan mendatangkan langsung Saksi Ahli Pertanahan dari Pulau Jawa, Prof. Bambang.

"Atas perkara ini tim juga membawa saksi ahli ke sana (Desa Titi Akar, red) melakukan olah TKP. Tersangka HR ini juga sengaja mengolah lahan HPT jadi akan dijerat dengan pasal berlapis," ungkap AKBP Sigit, Senin (10/2/20) kemarin.

Oleh karena itu tersangka HR atau Atiok tersebut akan dijerat dengan pasal berlapis, UU Pasal 108 Jo 92 Ayat (1) huruf a UU Nomor 18/2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (PPPH) dan Pasal 108 Jo 92 Ayat (1) UU Nomor 32/2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH) serta Pasal 187 Jo Pasal 188 KUHPidana.***(dik)

Foto : Tersangka HR alias Atiok (48), diamankan Polres Bengkalis karena diduga kuat penyebab kebakaran lahan di Desa Titi Akar dan perambah kawasan HPT untuk perkebunan.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang