Senin, 10 Pebruari 2020 17:28

Forum Pecinta Alam Bengkalis Gelar Aksi Cabut Paku di Ratusan Pohon

Perduli lingkungan khususnya pohon, mahasiswa dan pelajar pecinta alam di Bengkalis gelar aksi cabut paku di pohon.

Riauterkini-BENGKALIS- Sejumlah mahasiswa dan pelajar yang tergabung dalam Forum Pecinta Alam Bengkalis mengelar aksi cabut paku, logam atau material yang dipaku ke batang pohon atau tree spiking. Aksi ini memberi pesan bahwa memaku atau bentuk logam lainnya terhadap pohon akan memberi dampak buruk kepada lingkungan khususnya pohon, Ahad (9/2/20) kemarin.

Aksi cabut paku ini dilakukan sekitar ratusan pohon yang ada di sepanjang jalan utama Kota Bengkalis, Jalan Sudirman, Sungai Bengkalis, Jalan Pramuka, Panglima Minal, Gatot Subroto, Cokro Aminoto, serta pohon-pohon pelindung yang ada di Jalan Antara.

Pusat kegiatan ini berada di Lapangan Tugu Bengkalis, mulai pukul 08.00 WIB. Aksi cabut paku ini juga di ikuti oleh seluruh Komunitas Pecinta Alam Bengkalis, Mapala Laksamana Politeknik Negeri Bengkalis, Mapala Bestari STAIN,  Mapasties, Sispala Lentera SMAN 2 Bengkalis, Sispala Pusaka SMAN 1 Bengkalis, Sispala Gaspita SMAN 2 Bantan.

"Tindakan memaku pohon ini justru berdampak pada kehidupan pohon. Kekuatan kayu pohon akan berkurang karena pohon mudah terinfeksi penyakit seperti jamur dan bakteri. Sehingga pohon akan cepat rusak dan akhirnya mati," kata  Azwin, Ketua Panitia Kegiatan kepada riauterkini.com, Senin (10/2/20).

Ia menambahkan, dalam jangka panjang sangat mungkin pohon yang telah melemah akibat logam dan tali mudah tumbang dan cepat mengalami kematian, dan tentunya akan membahayakan orang.

"Oleh karena itu kami berharap kesadaran masyarakat agar tidak memaku di pohon dan menempel pengumuman apapun di pohon karena pohon bukan papan reklame. Apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi musim pilkada, sehingga tindakan memaku pohon akan rawan terjadi," katanya lagi.

Forum Pecinta Alam Bengkalis  sebagai salah satu gerakan yang berfokus pada isu lingkungan, ingin menjadikan aksi ini sebagai sarana untuk menyebarluaskan informasi terkait aksi tersebut dengan melakukan tindakan nyata. Masyarakat menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak memaku pohon.***(dik/rls)

Foto : Aksi cabut paku (tree spiking) oleh Forum Pecinta Lingkungan Bengkalis.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang