Rabu, 29 Januari 2020 20:41

Bawaslu Bengkalis Ikuti Pertemuan Penerapan Penggantian Pejabat Dimasa Tahapan Pilkada

Bawaslu mengikuti kegiatan paparan terkait penerapan aturan tentang penggantian pejabat dimasa tahapan pilkada.

Riauterkini-BENGKALIS- Bawaslu Bengkalis mengikuti kegiatan atau acara yang dilakukan, dimana beberapa orang yang memiliki keahlian di bidang tertentu berkumpul untuk membahas masalah tertentu dan mengajari para peserta atau workshop terkait penerapan Pasal 71 Undang-undang Nomor 10/2016 tentang Pilkada, yaitu penerapan penggantian pejabat dimasa tahapan pilkada di Padang Sumatera Barat, Selasa (28/1/20) kemarin.

Kehadiran Bawaslu Bengkalis diwakili Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran, M. Harry Rubianto serta para gubernur, dan bupati dari provinsi lainnya seluruh Indonesia, dan dengan narasumber pimpinan Bawaslu RI, Koordinator Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Ratna Dewi Pitalolo serta Dirjen OTDA Akmal Malik dan Wakil Ketua KASN Tasdik Winanto, serta Bareskrim Polri.

Menurut Harry, kegiatan ini diisi dengan diskusi, dalam diskusi ini banyak bupati, walikota dan pejabat daerah mengusulkan agar regulasi terkait aturan pilkada khususnya seputar ASN dan mutasi jabatan dalam tahapan pilkada dipermudah dan tidak berefek hukum bagi pejabat di daerah.

"Kegiatan ini sangat penting di lakukan dengan menghadirkan pihak Bawaslu dan pemerintah daerah, sehingga terjadi kesepahaman dalam memaknai aturan khususnya penerapan pasal tersebut," kata Harry, Rabu (29/1/20).

Menurut dia dengan kesepahaman yang dibentuk dalam pertemuan ini, tidak terjadi lagi perbedaan pandangan memaknai aturan itu. Karena nantinya bisa berimplikasi hukum bagi pejabat daerah yakni bupati dalam melakukan pergantian pejabat di daerah.

"Telah diatur terkait mekanisme dan sanksi dalam proses pergantian pejabat yang dilakukan pimpinan daerah. Sehingga perlu pemahaman bersama, terutama bagi pimpinan daerah petahana dalam masa tahapan pilkada," tambahnya.***(dik)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang