Selasa, 28 Januari 2020 09:35

Bupati Kuansing Minta Bumdes Cegah Dini Kredit Macet

Kredit macet sering menjadi penyebab kegagalan. Karena itu Bupati Kuansing minta Bumdes mengantisipasinya.

Riauterkini - SINGINGI HILIR -  Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si berikan masukan untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sumber Jaya, Kecamatan Singingi Hilir.

Masukan itu, disampaikan Bupati saat memenuhi undangan masyarakat Desa Sumber Jaya, dalam agenda musyawarah pertanggungjawaban tahunan Bumdes Desa tersebut, Senin (27/1/2020) kemarin.

Terutama saran yang disampaikan Bupati Kuansing H. Mursini, kepada pengurus Bumdes yakni bagaimana mengatasi kredit macet yang menjadi kendala bagi Bumdes Desa Sumber Jaya ini.

Dalam hal ini, Bupati menyarankan agar Direkrur Bumdes beserta jajarannya supaya lebih selektif menentukan peminjam dan memperhatikan jenis usahanya.

Selain itu, ia juga menyarankan yang paling perlu mendapat perhatian Bumdes adalah mereka pedagang yang kekurangan modal, sehingga menurutnya lebih berdaya manfaat dalam menumbuhkan usaha masyarakat susah.

   "Contohnya, seperti pedagang sayur, itu sangat perlu mendapat perhatian dari pihak Bumdes, selain modal Bumdes bisa bergulir, masyarakat pun bisa terbantu," sebutnya.

Tidak hanya memberikan masukan, Bupati bahkan memberikan apresiasi, untuk Bumdes Berkat Yakin milik Desa Sumber Jaya ini, karema jumlah aktiva yang dimilikinya dimana pada tahun 2019 lalu mencapai Rp 2.622.324.445 dari jumlah ini bisa mengahsilkan laba bersih sekitar Rp. 83.313.427.

Meskipun pada tahun ini terdapat kredit macet sekitar 17 persen atau sekitar 400 juta. Masalah ini menurut Bupati mesti dijadikan pengalaman kedepan, supaya tidak terulang kembali. "Tentunya masalah ini perlu menjadi bahan pertimbangan ke depan," kata Bupati.

Sementara Direktur Bumdes Arif Hidayat, menyampaikan, sejauh ini menurutnya jumlah keseluruhan anggaran yang sudah digulirkan oleh Bumdes Berkat Yakin mencapai Rp 10 miliar.

Dimana Bumdes Berkat Yakin ini, menggeluti berbagai bidang usaha, seperti perdagangan, perkebunan, perikanan  dan jasa.

Bahkan Bumdes milik masyarakat Desa Sumber Jaya ini juga mempunyai supermarket, saat acara Bupati juga sempat meninjau supermarket tersebut.

Dalam acara ini, Bupati juga diminta membagikan doorprize, berupa hadiah menarik seperti sepeda motor dan peralatan elektronik lainnya.

Hadir bersama Bupati Mursini, Kadis Perindagkopdagrin Azhar Ali, Plt Kadis Sosial dan PMD Napisman, dan Kadis Kadis Kominfos Samsir Alam serta Camat Singingi Hilir Risman Ali.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang