Senin, 27 Januari 2020 18:17

Bupati Kuansing Buka Seminar Kewirausahaan Ikatan Mahasiswa Telukkuantan

IMPPEDES gelar seminar kewirausahaan di Gedung Narosa Telukkuantan. Acara dibuka Bupati Mursini.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si membuka seminar kewirausahaan Ikatan Mahasiswa Pemuda Peduli Desa (IMPPEDES) Senin, (27/1/2020) siang di Gedung Narosa Telukkuantan.

Dalam pembukaan seminar ini, Bupati menyampaikan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2019 tercatat jumlah penduduk Kuansing, 324.413 jiwa, dari jumlah itu sebanyak 147.902 merupakan angkatan kerja.

Dari data tersebut, kata Bupati 94 persennya adalah bekerja, jika dihitung secara angka maka jumlah orang bekerja menurutnya 138.955 orang, sedangkan sisanya 8.951 menganggur.

Sementara untuk angka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kuantan Singingi akhir tahun 2018 lalu sebesar 4,65 persen angka ini menurutnya berada diatas rata-rata pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau, atau peringkat ketiga di bawah Pekanbaru dan Dumai.

"Artinya, ini merupakan potensi bagi generasi muda milenial dalam berwirausaha," ungkap Bupati.

Pada saat ini kata Bupati, dapat dilihat di tengah pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, diiringi pula semakin bertambahnya angka pengangguran, terutama dikalangan muda.

"Hal ini tentu menjadi suatu hal yang memprihatinkan bagi kita semua, sulitnya lapangan kerja, skill yang tidak mendukung ditambah lagi sifat malas, tentunya ini harus kita atasi secara bersama," kata Bupati.

Maka kata Bupati, sebagai harapan bangsa, pemuda adalah tonggak sejarah suatu bangsa yang harus memiliki kemampuan melihat dan mengapresiasikan dalam bentuk usaha mandiri.

"Kini pemuda memiliki peluang dalam memanfaatkan waktunya untuk bekarya. Termasuk bagi yang masih berstatus pelajar, mahasiswa, atau lulusan baru, tak perlu ragu untuk memulai usaha," sebut Bupati memberi motivasi.

Sebab dengan memulai kata Bupati, akan memperkaya pengalaman dan pengetahuan untuk menemukan jalan kesuksesan.

"Tentunya, jalan kesuksesan dalam berwirausaha harus dibarengi dengan semangat kuat serta harus memiliki skill, keahlian dan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi," tukas Bupati.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang