Sabtu, 25 Januari 2020 20:44

Bupati Bengkalis Panen Raya Padi di Desa Harapan Baru Mandau

Bupati Bengkalis secara simbolis melakukan panen raya di Kecamatan Mandau. Kegiatan ini diharapkan memotivasi petani untuk terus meningkatkan produksi padi.

Riauterkini-BENGKALIS- Bupati Bengkalis Amril Mukminin, SE. M.M didampingi Istri, Karmarni secara simbolis Panen Raya Padi di kawasan persawahan Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Sabtu (25/1/20).

Kesempatan ini, Bupati Bengkalis Amril Mukminin berpesan, bahwa beras merupakan kebutuhan pokok yang sulit tergantikan oleh komoditi lain, oleh karena itu agar para petani jangan mengalih fungsikan lahan-lahan sawah produktif ke komoditi lain atau kegunaan lainnya.

"Jangan mengalihkan fungsi lahan sawah produktif dengan kegunaan lainnya. Agar ketahanan pangan di daerah kita tetap terjaga," pesan Bupati Amril.

Bupati Amril juga meminta kepada Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkalis untuk dapat mengatur peruntukan lahan sesuai dengan potensi dan kegunaannya, untuk itu perlu diatur dengan peraturan daerah (perda).

Kepala Distan Kabupaten Bengkalis, H. Tarmizi, S.P, M.Si menyebutkan, bahwa lahan sawah yang berada di Desa Harapan Baru adalah di atas lahan milik PT. Chevron Pasifik Indonesia (CPI) yang diizinkan kepada petani untuk tumpang tanam. Luas lahan ini sekitar 150 hektar (Ha) terdiri dari tiga kelompok tani dengan jumlah anggota lebih kurang 130 orang. Tipe sawah tadah hujan, tetapi dengan semangat petani, mampu untuk melakukan penanaman dua kali dalam setahun atau IP 200 dengan produktifitas rata-rata 4 ton/Ha.

"Total luas lahan sawah di Mandau berdasarkan data parsial tahun 2015 adalah 300 Ha yang berada di 3 desa/kelurahan dengan 15 kelompok tani. Dengan kegiatan panen raya ini juga guna mewujudkan program pemerintah peningkatan produksi tanaman pangan minimal 7 persen setiap tahunnya," paparnya.***(dik/inf)

Foto : Panen Raya Padi di Desa Harapan Baru, Kecamatan Mandau, oleh Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi istri Kasmarni, Sabtu (25/1/20).

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang