Jum’at, 24 Januari 2020 10:49

Tunggu DPA OPD Siap, APBD Kuansing 2020 Bisa Digunakan

APBD Kuansing 2020 selangkah lagi bisa digunakan. Tunggu DPA dari setiap OPD.

Riauterkini - TELUKKUANTAN -APBD Kuansing tahun 2020 sudah bisa dibelanjakan, saat ini tinggal menunggu penyelesaian DPA dari masing-masing OPD.

"Memang saat ini kita tinggal menunggu DPA, tapi untuk DPA sedang migrasi ke Sistim Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD) setelah itu Insa Allah bisa digunakan," ujar Kepala BPKAD Kuansing, Hendra, AP. M.Si, Jumat (24/12020) pagi. Akan tetapi sunggupun demikian kata Hendra, masih ada persyaratan lain yg harus di penuhi OPD, terutama terkait laporan keuangan, rekon kas, rekon aset.

"Jika persyaratan ini telah selesai maka APBD bisa bejalan, sambil menunggu SK Bupati dan tanda tangan bendahara serta PPK maupun lainnya," jelas Hendra, yang juga ketua Track Kuansing ini.

Sejauh ini menurutnya, rekonsiliasi kas semua OPD sudah siap. Tapi untuk aset, baru 60 persen dan masih ada OPD yang belum siap.

Untuk rekonsiliasi aset kata Hendra, itu merupakan sinkronisasi antara hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan kartu daftar aset pada setiap OPD.

"Seluruh aset pada OPD nantinya harus sesuai dengan hasil audit. Supaya rapi," sebutnya.

Dijelaskannya, rekonsiliasi aset ini berkaitan langsung dengan laporan keuangan tahun 2020. Selain itu juga mempengaruhi opini BPK.

"Muda-mudahan Pemkab Kuansing bisa mempertahankan Opini WTP ini. "Makanya kalau diselesaikan cepat, ada pengajuan dari OPD, langsung kita proses," kata Hendra.* (Jok) 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang