Rabu, 22 Januari 2020 17:11

Kades Senderak, Bengkalis Bantah Ada Kegiatan Fiktif Ratusan Juta Rupiah

Kades Senderak membantah lakukan penyelewengan anggaran dan lakukan kegiatan fiktif TA 2019. Anggaran dikembalikan ke kas desa sebagai silpa.

Riauterkini-BENGKALIS- Kepala Desa (Kades) Senderak, Kecamatan Bengkalis, Harianto, S.H mengaku tidak mengetahui adanya informasi terkait dugaan kegiatan fiktif atau bohong-bohongan dalam APBDes tahun anggaran (TA) 2019. Bahkan sudah sampai pada aduan masyarakat ke aparat Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis.

Kades Harianto menegaskan, terkait kegiatan pembangunan fisik disebut-sebut fiktif itu, bahwa pada TA 2019 lalu terdapat lima kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan, dan akan kembali dianggarkan pada TA 2020 ini.

Dengan ditundanya kegiatan-kegiatan, maka seluruh anggaran dikembalikan ke kas desa sebagai sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) APBDes TA 2019.

"Ya 2019 kegiatan itu belum dilaksanakan, kemudian dana tersebut di-Silpa-kan dan akan dilaksanakan tahun 2020, sebanyak lima item kegiatan," ungkapnya kepada sejumlah wartawan di Bengkalis, Rabu,(22/1/2020).

Adapun lima kegiatan yang di maksud adalah pembuatan jembatan Rumbia, pembuatan parit beton sulung dan tiga kegiatan lainnya.

Terkait dengan anggaran kegiatan itu, disebutkan Kades Harianto, memang sudah dicairkan tetapi mengingat sudah diujung tahun anggaran, maka tidak digunakan karena pengerjaan kegiatan tidak terkejar.

"Kita awalnya sudah mengambil dana tersebut sebanyak Rp300 juta lebih, namun karena tidak bisa dilaksanakan akhirnya kita kembalikan ke kas desa, dan jadi dana silpa," tutupnya.

Terpisah, Kajari Bengkalis, Nanik Kushartanti melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Kasi Pidsus) Agung Irawan mengatakan, pihaknya menerima laporan adanya dugaan penyelewengan dana desa ratusan juta rupiah di Desa Senderak.

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah melakukan lidik terkait informasi atau laporan itu.

"Ya benar, kita ada menerima laporan itu dan akan ditelusuri," ungkapnya.***(dik)

Foto : Harianto, S.H, Kades Senderak.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang