Selasa, 21 Januari 2020 14:44

Perusahaan Beroperasi di Bengkalis Diminta Berperan Bina UMKM

Diskop UMKM terus mendorong agar perusahaan-perusahaan yang beroperasi di daerah ini bersedia membina dan mengembangkan UMKM. Sebagai upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi.

BENGKALIS- Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Bengkalis terus mendorong agar perusahaan-perusahaan yang beroperasi di daerah ini bersedia membina serta membantu menumbuhkembangkan keberadaan UMKM yang berada di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Perusahaan diminta secara terus menerus atau kontinyu sampai UMKM apakah dibidang kuliner ataupun kerajinan hingga mapan. Jika pun tidak, perusahaan juga bersedia menyisihkan sebagian kecil dari dana corporate social responsibility (CSR) untuk melakukan pembinaan ke UMKM.

"Kita dorong setiap perusahaan-perusahaan agar mempunyai program sosial kemasyarakatan dengan membina UMKM secara terus-menerus atau kontinyu sampai mapan atau mandiri. Dalam satu tahun satu atau dua unit. Kalaupun tidak dari itu, kita harapkan dari program CSR disisihkan untuk pembinaan UMKM," ungkap Kepala Diskop UMKM, Herman Achmad, M.Si kepada riauterkini.com, Selasa (21/1/20) siang.

Artinya, Herman menganalogikan, jika ada 200 perusahan yang beroperasi bisa membina UMKM satu hingga empat unit dalam satu tahun, maka ada ratusan UMKM yang sudah memperoleh pembinaan.

"Misalnya satu tahun itu dua UMKM saja, maka sudah ada 400 UMKM di daerah ini yang bisa dibina. Dan jika dalam lima tahun maka sudah ada ribuan. Sehingga pertumbuhan ekonomi bisa cukup luar biasa," katanya lagi.

"Atau perusahaan kita dorong agar bisa menyisihkan sebagian kecil dari CSR untuk membina UMKM yang ada. Perusahaan besar kita kira itu hal yang kecil, karena potensi itu ada," tutup Herman.***(dik)

Foto : Herman Achmad, Kepala Diskop UMKM Kabupaten Bengkalis.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang