Senin, 20 Januari 2020 15:07

Olimpiade Fisika se-Sumatera, Kadisdik Sebut Bisa Tolak Ukur dan Evaluasi Pendidikan Riau

Kadisdik Riau buka acara Olimpiade acara Olimpiade Fisika XV se-Sumatera. Kegiatan digelar FKIP-UR tersebut bisa menjadi tolak ukur dan evaluasi khususnya studi fisika di Riau.

Riauterkiini - PEKANBARU - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau, Rudyanto, buka acara Olimpiade Fisika XV se-Sumatera. Kegiatan digelar di Ruang Serbaguna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-Universitas Riau (FKIP-UR).

Kegiatan ini ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan (Hima-FKIP) UR sangat diapresiasi. Kegiatan olimpiade level Sumatera, diharapkan akan dapat menjadi tolak ukur pendidikan, khususnya studi fisika.

"Tentu kegiatan ini sangat kita apresiasi. Apalagi ini se-sumatera. Bukan kegiatan skala kecil ini. Makanya ini sangat kita apresiasi. Ini luar biasa," kata Rudyanto (20/1/20).

Dipaparkan mantan Penjabat Bupati (Pj) Bupati Indragiri Hilir ini, kegiatan ini menjadi sebuah ajang evaluasi untuk melihat sejauh apa mutu pendidikan di Riau khususnya di bidang fisika.

"Apakah nantinya para peserta ini mampu menyelesaikan soal-soal yang telah di satandarkan, kita bisa lihatlah nanti. Jadi memang bisa sekaligus sebagai bahan evaluasi," ungkap Rudyanto.

Selain itu, Dinas Pendidikan Riau juga akan mempunyai gambaran sekolah-sekolah mana yang berprestasi atau kurang di bidang fisika ini. Sehingga ke depan bisa dilakukan perbaikan.

"Jadi nanti kita bisa tahu dan mendapat masukan. Sekolah ini lemah di masalah ini, kemudian nilainya segini. Semua kan nampak nanti. Jadi kita nanti bisa cari tahu, apa yang kurang," jelasnya.

Sehingga setelah diketahui dimana kurangnya, bisa diakukan evaluasi dimana kurangnya. Jadi untuk Fisika ini bisa naik nantinya."Mudah-mudahan acara ini bisa sukses, dan kedepannya lagi bisa terus ditingkatkan. Apalagi inikan kegiatan tahunan," ujarnya.

Sementara itu, Fahrun Hidayat selaku Ketua Pelaksana mengatakan, olimpiade ke-15 ini diikuti oleh 1.056 peserta yang berasal dari sekolah-sekolah yang ada di Sumatera.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan fisika secara luas kepada masyarakat di Riau untuk lebih mencintai fisika. Karena fisika itu tidak sulit, jadi kita ciptakan fisika yang mudah sehingga bisa dipahami," harap Fahrun.

Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana atau media bagi siswa di Sumatera khususnya Riau, untuk mengembangkan minat dan bakat di bidang fisika.

"Mari kita junjung tinggi sportivitas dalam menjalankan tes tes kedepannya. Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu suksesnya acara ini. Harapan kami tentu acara ini bisa sukses," tutupnya.***(mok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang