Sabtu, 18 Januari 2020 17:31

Puluhan Hektar Lahan Gambut di Rupat, Bengkalis Kembali Terbakar

Lahan gambut di Pulau Rupat kembali terbakar. Dilaporkan sudah mencapai lebih dari 10 Ha. Petugas gabungan berjibaku lakukan pengendalian dan pendinginan kebakaran.

Riauterkini-BENGKALIS- Lahan gambut di Desa Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis terbakar. Dilaporkan, terik panas dan angin kencang, api dengan cepat meludeskan lahan gambut di pulau tersebut sudah mencapai sekitar 10 hektar (Ha), yang terjadi sejak lima hari terakhir ini.

Petugas gabungan, Polres Bengkalis, Manggala Agni, TNI, BPBD, serta sejumlah perusahaan masih lakukan upaya pendinginan di lokasi kebakaran.

Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto, S.I.K disela-sela melakukan pendinginan di lokasi kebakaran lahan di Rupat tersebut mengatakan, bahwa kebakaran di Desa Titi Akar memasuki hari kelima api dan sudah berhasil di padamkan, meskipun angin kencang cuaca panas, tim terdiri dari 50-an orang masih melakukan pendinginan di lokasi.

"Alhamdulillah, meskipun cuaca panas dan angin kencang api berhasil dipadamkan," kata AKBP Sigit, Sabtu (18/1/20).

Disampaikan AKBP Sigit, upaya pendinginan terus dilakukan agar kebakarannya tidak meluas oleh tim gabungan.

"Untuk pemadaman dari darat, juga dibantu penyiraman air dari udara atau water boombing dengan menggunakan helikopter, dan untuk sampai ke lokasi kebakaran, medannya sulit dilalui," katanya lagi.

Untuk persediaan air, Kapolres menyebutkan, di lokasi cukup tersedia sehingga mempermudah petugas lakukan pemadaman.

"Apa penyebabnya Tim Reskrim melakukan olah tempat kejadian perkara atau TKP di awal terjadinya kebakaran. Untuk lokasi kebakaran memang sulit untuk dilalui kendaraan," imbuhnya.***(dik)

Foto : Kapolres Bengkalis AKBP Sigit A (depan) dan sejumlah petugas saat lakukan pendinginan kebakaran lahan di Pulau Rupat, Sabtu (18/1/20).

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang