Selasa, 14 Januari 2020 15:22

Dianggap Terlalu Longgar, Gedung DPRD Riau Rawan Orang Berniat Jahat

Pengunjung gedung DPRD Riau terlalu bebas. Kondisi ini bisa dimanfaatkan orang berniat jahat.

Riauterkini-PEKANBARU- Gedung DPRD Riau di Jalan Sudirman, Pekanbaru, memang dibangun dengan menggunakan dana APBD Riau yang merupakan uang rakyat. Akan tetapi, disayangkan pengamanan gedung dewan tersebut minim sehingga rawan masuknya pelaku kejahatan. Informasi yang didapat riauterkini.combahwa 2019 lalu, tercatat beberapa kali terjadi tindak pidana pencurian seperti kendaraan bermotor (Ranmor) roda dua.

Selasa (14/1/20), "Tahun lalu, hilang motor yang sedang diparkir bang" ujar salah seorang dari masyarakat yang sering datang ke gedung dewan itu. Selain itu ia juga mengatakan bahwa, masuk ke pekarangan dan gedung dewan tidak ada pengamanan atau pemeriksaan dari pihak penjaga.

"Yang jaga di pos depan pintu masuk dan keluar ada bang, tapi ya itulah tidak pernah ditanya atau diperiksa siapa-siapa yang datang ke kantor ini," ujarnya.

Berdasarkan informasi itu, riauterkini.com mencoba untuk melihat fakta dipos jaga pintu depan gedung DPRD Riau tersebut. Memang ada penjagaan berbaju Satpol PP dan ada juga berpakaian safari hitam sepertinya petugas satpam. Para petugas jaga ini hanya duduk didalam pos, tanpa memperdulikan orang-orang yang datang dan pergi dari gedung tersebut.

Minimnya pemeriksaan, tidak hanya di pos jaga masuk dan keluar pekarangan gedung dewan, ternyata juga sampai masuk ke gedung juga tidak ada pemeriksaan sehingga bebas. Tragisnya lagi, bisa bebas masuk hingga ruang sidang paripurna.

Tragis memang! Ternyata untuk penjagaan gedung dewan tersebut dianggarkan dalam APBD Riau melalui Sekretariad DPRD Riau. Nilai anggaran untuk pengamanan di 2019 lalu miliaran dan di 2020 ini juga dianggarkan kembali.

"Untuk penjagaan gedung 2019 hasil lelang di ULP perusahaan yang menang dan dilaksanakan PT Datama, dengan anggaran Rp3,5 miliar," ujar PPTK nya Ariyadi alias Aik.

Untuk 2020, dana penjagaan dan pengamanan gedung dewan ini kembali dianggarkan bahkan naik anggarannya dari tahun 2019 yakni sekitar Rp4,3 miliar.*(vila)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang