Senin, 13 Januari 2020 09:34

Kenalkan Irfan Maulana, Kades di Kuansing yang Sukses Bertani Sayur dan Buah

Memimpin sebuah desa di Kuansing tak membuat Irfan Maulana melupakan naluri bisnis. Ia sukses menjadi petani sayur dan buah.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Irfan Maulana, terbilang sukses dalam mengembangkan lahan mati menjadi lahan produktif dibidang pertanian.

Kades Benai Kecil, Kecamatan Benai, Kuansing, ini mengelola lahan pertanian sayur mayur tergabung dalam kelompok tani Beken Jaya.

Setidaknya, ada empat lokasi berbeda lahan pertanian yang dikelolah kelompok tani Beken Jaya secara bersama di Desa Benai Kecil.

Adapun jenis sayur yang dibudidayakan kelompok tani Beken Jaya ini, yakni berupa bawang merah, cabe, dan jenis sayuran lainnya, serta jenis buah-buahan.

Dari pemgakuan Irfan Maulana ini, pola mereka bertani khusus dalam melakukan penanaman sayur mayur tidak dilakukan secara bersama. Namun, bertahap.

Sehingga menurutnya, kelompok tani Beken Jaya, tidak terputus dalam memasok stok sayur mayur di pasaran khususnya di Kecamatan Benai.

Kelompok tani yang mereka kelolah secara bersama ini, dapat menjadi sumber ekonomi bagi anggota yang perananannya dapat dirasakan secara bersama.

"Tentunya secara ekonomi, ini berdampak baik bagi anggota itu sendiri," akunya.

Kemudian, lahan pertanian milik kelompok tani Beken Jaya ini, tidak hanya sekedar pemasok kebutuhan sayur di pasaran. Tapi saat ini juga menjadi objek agrowisata bagi pengunjung.

Tak jarang, masyarakat dari berbagai Kecamatan berdatangan ke lahan pertanian milik kelompok tani Beken Jaya ini, untuk melihat hasil pertanian.

Oleh kelompok tani Beken Jaya, lahan pertanian ini memang ditata sedemikian rupa, terutama jenis sayur buah-buahan.

Sehingga masyarakat bisa menikmati pemandangan sayur mayur yang bergelantungan di atas kepala dan bisa dilalui di bawanya.

Bahkan lokasi ini menjadi tempat paforit masyarakat untuk berfoto bersama, dengan pemandangan buah sayur yang bergelayutan diakar pohor yang menjalar.

Dan tak jarang pula pengunjung juga membeli hasil pertanian tersebut, karena jika dibandingkan harga di pasaran, harga di lahan pertanian jauh lebih murah.

Untuk diketahui setiap panen raya, pemetikan sayur mayur selalu dihadiri pihak pemerintah Daerah, baik itu Bupati maupun Wakil Bupati Kuansing.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang