Sabtu, 11 Januari 2020 14:44

Awal Tahun, Dinsos Bengkalis Kirim Lima Penyandang Difabel Ikuti Pelatihan ke Pulau Jawa

Sejumlah penyandang difabel diberikan kesempatan untuk membekali diri dengan ilmu dan keahlian. Diharapkan, bermanfaat untuk menolong dirinya sendiri juga untuk keluarga.

Riauterkini-BENGKALIS- Awal tahun 2020 ini, sedikitnya sebanyak lima orang penyandang difabel atau kekurangan anggota tubuh di Kabupaten Bengkalis dikirim Dinas Sosial (Dinsos) untuk mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan serta keterampilan hingga ke Pulau Jawa.

Pengiriman warga penyandang difabel yang berkeinginan kuat untuk mandiri serta merupakan penerima manfaat ini, dilakukan mulai Rabu (8/1/20) lalu, dua orang difabel diberangkatkan ke Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kemudian, satu orang penyandang untuk mengikuti pelatihan di Balai Besar Rehabilitas Vokasional Penyandang Disabilitas (BBRVPD) Cibinong, Jawa Barat (Jabar), pada Kamis (9/1/20) lalu.

Penerima manfaat juga akan diberangkatkan satu orang ke Solo, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (13/1/20) pekan depan.

Kepala Dinsos, Dra. Hj. Martini, M.H melalui Kepala Seksi Penyandang Rehabilitasi Sosial dan Penyandang Disabilitas Bidang Rehabilitasi Sosial, Bambang Siswanto saat dikonfirmasi riauterkini.com mengatakan, tujuan dari pengiriman bagi penyandang difabel tersebut agar memperoleh ilmu yang nantinya akan dimanfaatkan untuk menolong dirinya sendiri juga untuk keluarga.

Sehingga setelah memperoleh keterampilan melalui pelatihan, akan berdayaguna serta meningkatkan motivasi keyakinan bahwa cacat bukan halangan untuk hidup mandiri.

Pelatihan dan ketrampilan ini akan diikuti oleh penerima manfaat antara selama enam bulan dan setahun, antara lain mengikuti latihan elektronik, menjahit, desain grafis, komputer dan otomotif, seperti yang telah diikuti peserta sebelumnya.

"Diharapkan para penyandang difabel mendapat ilmu yang nantinya akan dimanfaatkan untuk menolong dirinya sendiri, juga untuk keluarga dan masyarakat. Sehingga berdaya guna serta meningkatkan motivasi keyakinan bahwa cacat bukan halangan untuk hidup mandiri dan berpenghasilan," ungkapnya, Sabtu (11/1/20) siang.***(dik)

Foto : Salah seroang penyandang difabel (tengah) didampingi Kepala Seksi Penyandang Rehabilitasi Sosial dan Penyandang Disabilitas, Bambang Siswanto saat dikirim ke Cibinong, Jabar untuk mengikuti pelatihan.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang