Kamis, 26 Desember 2019 17:31

Melalui Rakorda 2019, Pemkab Rohul Komitmen Tingkatkan Layanan Posyandu

Pemkab Rohul tetap komitmen dalam meningkatkan layanan Posyandu kecamatan dan desa. Langkah ini dinilai bisa juga mengurangi angka‎ stunting.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) H Abdul Haris Lubis S.Sos, M.Si, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu komitmen meningkatkan layanan Pos Pelayanan Keluarga Berencana-Kesehatan Terpadu‎ (Posyandu).

Hal itu disampaikan Abdul Haris saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Posyandu Tingkat Kabupaten Rokan Hulu Tahun 2019 di Convention Hall Masjid Agung Islamic Center, Pasirpangaraian, Kamis (26/12/2019).

Rakorda Posyandu juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rokan Hulu Hj Peni Herawati, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Rokan Hulu Hj Netty Herawati Haris S.Kep, Kepala DPMPD Rokan Hulu Margono S.Sos, M.Si.

Hadir juga para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Rokan Hulu, para Camat, Kepala Desa. Rakorda ini diikuti peserta dari para kader Posyandu, anggota PKK, serta anggota DWP se-Kabupaten Rokan Hulu sebagai peserta.‎‎

Kepala Dinas PMPD Rokan Hulu, Margono, mengatakan Rakorda Posyandu ini merupakan agenda tahunan, sekaligus sebagai evaluasi dari kegiatan Posyandu yang ada di Kabupaten Rokan Hulu pada 2019.

Margono‎ menerangkan Posyandu di Kabupaten Rokan Hulu telah dilaksanakan sampai ke pedesaan. Namun, ia mengharapkan kegiatan di Posyandu lebih ditingkatkan lagi ke depannya, sehingga para kader lebih giat lagi dalam memberikan penyuluhan ke desa-desa terpencil.

"Ke depannya mari kita bersama-sama untuk tetap peduli terhadap kesehatan keluarga dan kesehatan bayi, sehingga kegiatan Posyandu ini terlaksana sampai ke desa-desa dan maksimal pelaksanaannya," ajak Margono di sambutannya.

Pada kesempatannya, Ketua Tim Penggerak PKK Rokan Hulu, Peni Herawati, berharap seluruh kader Posyandu terlibat aktif dan peduli dengan kegiatan posyandu di berbagai daerah yang dilaksanakan sampai pelosok desa.

Peni juga mengajak kader Posyandu di kecamatan dan di desa terlibat aktif dan langsung di setiap kegiatan Posyandu, demi terciptanya kesehatan keluarga, terutama kalangan generasi muda Rokan Hulu.

"Anak-anak Rokan Hulu harus selalu sehat. Ini sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakatnya," harapan besar istri Bupati Rokan Hulu, H Sukiman.‎

Peni menambahkan, Pemkab Rokan Hulu melalui Posyandu tberupaya mencegah terjadinya stunting atau terganggunya pertumbuhan pada anak. Untuk itu, perlu dimaksimalkan kepedulian dan perhatian melalui pelayanan di Posyandu.

Masih di tempat sama, Sekda Kabupaten Rokan Hulu, Abdul Haris, mengatakan ia sendiri sangat mendukung penuh kegiatan yang dilakukan Posyandu kecamatan dan desa.‎

Haris mengaku Pemkab Rokan Hulu akan senantiasa tetap komitmen terhadap layanan kesehatan keluarga yang dilakukan, yaitu salah satunya melalui Posyandu yang sudah tersebar di seluruh desa yang ada di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk.‎

Diakui Sekda, Pemkab Rokan Hulu akan senantiasa mendukung sepenuhnya kegiatan-kegiatan Posyandu di kecamatan dan desa yang dilakukan instansi terkait.

"Karena kegiatan Posyandu ini sebagai upaya kita semua dalam meningkatkan kesehatan anak-anak Rokan Hulu, demi mencapai keluarga yang sehat dan sejahtera," kata Abdul Haris di sambutannya.

Pada Rakorda Posyandu tersebut, Sekda bersama Ketua TP PKK Rokan Hulu, Ketua DWP Rokan Hulu, dan Kadis PMPD Rokan Hulu mengajak para peserta yang hadir menyanyikan lagu "Rokan Hulu Maju" yang dipopulerkan Bupati Rokan Hulu, Sukiman.

Sekda menginstruksikan untuk sesi acara Rakorda Posyandu selanjutnya dipindahkan ke Hutan Kota Pasirpangaraian. Hal ini sebagai bentuk pengenalan kader Posyandu, anggota PKK dan DWP Rokan Hulu terhadap objek wisata baru yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang