Kamis, 19 Desember 2019 21:25

Tingkatkan Pengawasan, Bupati Yopi Antar Pemkab Inhu Raih Penghargaan BPKP

Pemkab Inhu terus mendapat penghargaan dalam kepemimpinan Bupati Yopi. Kali ini Inhu meraih penghargaan dari BPKP.

Riauterkini-RENGAT-Tidak hanya sektor infrastruktur dan pelayanan masyarakat yang menjadi perhatian Bupati Inhu Yopi Arianto untuk terus ditingkatkan kwantitas maupun kwalitasnya, sektor pengawasan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun penyelenggaraan keuangan negara dan sistim pengendalian intern pemerintah juga mendapat perhatian khusus dari Bupati Yopi Arianto. Perhatian khusus pada sektor pengawasan ini berujung pada diraihnya dua penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Diraihnya dua penghargaan dalam bidang pengawasan dari BPKP Pusat ini terdiri dari prestasi dalam pencapaian maturitas penyelanggaraan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) level tiga dan presatasi dalam pencapaian kapabilitas aparat pengawas internal pemerintah (APIP) level tiga tahun 2019.

"Penghargaan tersebut berhasil diraih setelah melalui proses penilaian yang dilakukan selektif oleh BPKP terhadap penyelenggaraan keuangan daerah dan kemampuan institusi Inspektorat dalam pembinaan atas pengajuan laporan keuangan atau audit," ujar Boyke David Elman Sitinjak Kepala Inspektorat Inhu.

Dua penghargaan dari BPKP Pusat terhadap Pemkab Inhu ini merupakan hal yang patut dibanggakan, sebab hanya Kabupaten Inhu dan Kabupaten Inhil serta Kotamadya Pekanbaru yang berhasil meriah dua penghargaan tersebut di Propinsi Riau.

"Berkat arahan dan perhatian yang begitu besar dari Bupati Inhu Yopi Arianto terhadap sektor pengawasan, Pemkab Inhu berhasil meraih dua penghargaan dari BPKP Pusat. Bahkan hanya Kabupaten Inhu dan Kabupaten Inhil serta Kotamadya Pekanbaru yang berhasil meriah dua penghargaan tersebut di Propinsi Riau," ungkapnya.

Penghargaan atas prestasi dalam pencapaian maturitas penyelanggaraan SPIP level tiga diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Inhu yang dinilai telah berhasil mengendalikan keuangan intern yang sudah sesuai standar serta terimplementasi dengan baik. Ini semua terwujud berkad kemauan dan keinginan semua pihak dilingkungan Pemerintah Kabupaten Inhu.

Hal ini juga sebagai tindak lanjut dalam penerapannya yang sudah mengacu kepada SOP dan ketentuan penyelenggaraan keuangan atau untuk level satu. Selanjutnya, sebagai tindak lanjut yang disosialisasi kepada semua pihak tentang pengelolaan keuangan atau untuk level dua. Di level tiga ini merupakan implementasi atas pelaksanaan yang menjadi sasaran di level satu dan level dua.

"Untuk presatasi dalam pencapaian kapabilitas APIP level tiga sambungnya, merupakan kemampuan institusi Inspektorat melakukan dua tugas. Diantara dua tugas pokok yang harus dilakukan Inspektorat berkaitan dengan APIP tersebut diantaranya konsultasi dan pembinaan atas pengajuan laporan keuangan atau audit," tegasnya.

Penghargaan masing-masing level dari BPKP yang diterima Pemerintah Kabupaten Inhu dimulai dari tahun 2016 lalu yakni level satu. Kemudian level dua, diterima pada tahun 2017 dan tahun 2018. Selanjutnya level tiga diterima pada tahun 2019. Kedepan, apa yang sudah dicapai saat ini hendaknya dapat dipertahankan oleh Pemerintah Kabupaten Inhu secara umum atas apa yang sudah dilakukan saat ini. Hal ini juga sesuai dengan amanat peraturan pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah.

Untuk tahun 2020 mendatang, tentunya penghargaan yang diharapkan sudah dapat mencapai level empat yang lebih mengarah kepada pelaksanaan audit, investigasi atas permasalahan-permasalahan yang mencuat. Bahkan untuk mencapai hal tersebut perlu adanya kemauan dan keinginan bersama.

"Penghargaan yang diterima kali ini bukan akhir dari segalanya dan perlu dipertahankan serta jangan korupsi, agar level empat dapat tercapai dan apa yang diraih hari ini berkat arahan untuk terus bekerja keras dan tetap dalam aturan serta perhatian yang begitu besar dari Bupati Inhu Yopi Arianto. Sehingga dua penghargaan tersebut dapat diterima dari BPKP pada akhir November 2019 lalu,” jelas Kepala Inspektorat Inhu. (ADV Kominfo Inhu)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang