Rabu, 18 Desember 2019 15:24

BAZNas Rohul Bantu 100 Pasien Miskin di RSUD, Bupati Sukiman: Jangan Dibelikan Rokok

BAZNas Rohul untuk kesekian kalinya membantu asnaf miskin yang sedang dirawat di RSUD Rohul. Total bantuan zakat diberikan kali ini sebesar Rp50 juta untuk 100 pasien.

‎Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, kembali membantu keluarga pasien kurang mampu yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

Bantuan zakat kesehatan untuk asnaf miskin dengan total Rp50 juta diberikan kepada 100 pasien kurang mampu yang sedang dirawat di ruangan Kelas III RSUD Rokan Hulu. Masing-masing pasien menerima Rp500 ribu.

Zakat kesehatan disalurkan oleh Bupati Rokan Hulu H Sukiman kepada pasien Kelas III di ruangan perawatan Anak dan Kebidanan RSUD, didampingi Ketua BAZNas Rokan Hulu Drs H Armen ZA dan sejumlah pengurus, Kadinkes Rokan Hulu Bambang Triono, Direktur RSUD Rokan Hulu.

‎Bupati Sukiman mengatakan zakat yang disalurkan dengan total Rp50 juta bersumber dari BAZNas Rokan Hulu, dan diberikan kepada 100 pasien kurang mampu yang sedang menjalani perawatan di RSUD Rokan Hulu.

"Jadi masing-masing dikasih 500 ribu‎. Diharapkan bisa dimanfaatkan untuk membantu meringankan beban mereka, pesannya jangan dibelikan rokok, cepat sembuh dan semangat untuk cepat kembali ke rumah masing-masing," pesan Bupati Rokan Hulu.

Selain itu, Bupati Sukiman mengajak seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu untuk membayarkan zakat ke BAZNas, sehingga zakat yang terkumpul benar-benar disalurkan kepada asnaf miskin yang membutuhkan.

Agar seluruh perusahaan ikut menyalurkan zakatnya secara rutin, Bupati Sukiman mengintruksikan seluruh Kepala Desa dan Camat untuk memberikan ‎pemahaman ke perusahaan tentang perlunya membayar zakat.

"Itu sebenarnya upaya sudah dilakukan namun belum maksimal. Dan kita harapkan ke depannya lebih maksimal," kata Bupati Rokan Hulu, dan mengaku bila semakin banyak perusahaan yang membayar zakat, maka bantuan diberikan ke asnaf miskin tentunya akan semakin besar.

Sementara, Ketua BAZNas Kabupaten Rokan Hulu, Drs H Armen ZA, mengatakan bantuan zakat hanya untuk diberikan kepada 100 asnaf miskin yang sedang dirawat di ruangan kelas III RSUD Rokan Hulu.

"Sebenarnya ini merupakan program BAZNas Rokan Hulu tiga tahun terakhir," jelasnya.

Armen mengungkapkan sampai pertengahan Desember 2019, BAZNas Rokan Hulu telah menyalurkan zakat terkumpul sebesar Rp 3,8 miliar untuk semua kategori asnaf, seperti untuk bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, zakat produktif, dan lainnya.

Sedangkan untuk bantuan MDTA sendiri masih perlu diplenokan oleh pengurus BAZNas Rokan Hulu, dalam bentuk apa bantuan yang akan diberikan nantinya.

Soal perusahaan yang belum menyetorkan zakat ke BAZNas Rokan Hulu, Armen mengaku dari beberapa perusahaan yang sudah didatangi sudah mulai ada yang menyetorkan zakat penghasilan, seperti dilakukan manajemen PTPN V‎ sampai Rp35 juta setiap bulannya.‎***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang