Jum’at, 13 Desember 2019 18:21

Cerekas Gelar Uji Kompetensi dan Sertifikasi UMKM

Supaya mendapat sertifikasi dari BNSP, Cerekas menggelar Uji Kompetensi dan Sertifikasi UMKM se-Riau

Riauterkini-PEKANBARU – Cerekas Entrepreneur School (CES) akan melaksanakan program Uji Kompetensi & Sertifikasi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di kawasan Riau pesisir. Program yang dilaksanakan di Sungaipakning, kabupaten Bengkalis, Kamis 19 Desember 2019 ini, bertujuan agar usahawan UMKM difasilitasi untuk memperoleh sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai pengakuan resmi negara terhadap kompetensi UMKM di Provinsi Riau.

CEO Cerekas, Azmi Rozali, S.IP., M.Si., kepada media mengatakan bahwa program ini akan diikuti oleh 120 peserta yang berasal dari kabupaten Bengkalis, kota Dumai, kabupaten Kepulauan Meranti, kabupaten Siak dan kabupaten Rokan Hilir.

“Kami sedang berusaha menjalin kerjasama dengan beberapa mitra agar peserta tidak perlu membayar. Program ini sebenarnya mahal, namun kita usahakan agar peserta tidak membayar,” ujar mahasiswa program doktoral Universitas Nasional yang sejak 4 tahun lalu giat membina usaha mikro kecil menengah di Riau ini.

Ditanya mengenai manfaat sertifikasi, mantan anggota DPRD Bengkalis tiga periode ini menjelaskan bahwa di era digitalisasi ini, seluruh usahawan UMKM digesa untuk meningkatkan kapasitas diri dan kompetensi agar dapat bersaing dengan pelaku usaha dari negara tetangga.

“Kita ini sudah tidak dapat lagi menolak keberadaan usahawan kecil negara lain sejak Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) diberlakukan. Solusi yang kami tawarkan adalah tingkatkan kompetensi diri usahawan UMKM kita. Jika tidak, maka masyarakat kita akan tergilas oleh kemajuan zaman,” kata lelaki yang disebut-sebut oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai salah satu bakal calon Bupati Bengkalis periode 2021-2026 ini.

Sejak diumumkan kemaren, kata Azmi, masyarakat usahawan UMKM langsung menyambut dengan antusias. Baru beberapa jam diumumkan, sudah mendaftar 16 orang di hari pertama.

“Batas peserta uji kompetensi hanya 120 orang, mudah-mudahan tahun depan kuota yang dapatkan lebih banyak lagi,” katanya.

Syarat untuk dapat mengikuti uji kompetensi UMKM, dijelaskan Azmi adalah alumni pelatihan keterampilan berusaha season 13 atau pernah mengikuti setidaknya dua kali pelatihan keterampilan berusaha di season berapa pun. Harus membawa alat komunikasi yang terhubung dengan internet. Syarat lainnya adalah fotokopi KTP, ijazah terakhir, surat keterangan usaha, pasfoto ukuran 3 x 4 sebanyak tiga lembar, dan mendaftar di nomor 08126810808 dengan cara mengetik UJI KOMPETENSI & SERTIFIKASI / NAMA / ALAMAT / NO PHONE. *(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang