Selasa, 10 Desember 2019 09:00

Wakili Dishub Kuansing Hendri Wahyudi Ikuti Diklat PPNS LLAJ di Bogor

Dinas Perhubungan Kuansing mengirim utusan pada Diklat PPNS LLAJ di Bogor. Diwakili dri Hendri Wahyudi.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Hendri Wahyudi, Kasi lalulintas Dishub Kuansing, salah satu pegawai dari Riau, yang mengikuti Diklat Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) di bidang Lalulintas Angkutan Jalan (LLAJ) di Megamendung Bogor Jawa Barat.

Usai pelatihan ini nantinya, Hendri Wahyudi, akan mempunyai bekal sebagai PPNS dalam penyidikan tertentu seperti kasus lalulintas di jalan raya.

Ketentuan ini diatur berdasarkan Pasal 259 ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Jalan Raya.

Penyidikan terhadap tindak pidana lalu lintas dan angkutan jalan dapat dilakukan oleh Hendri selaku PPNS tertentu yang diberi kewenangan khusus. Dimana kewenangannya diatur dalam Pasal 262 ayat (1) UU LLAJ.

Sementara pelaksanaan kewenangan PPNS lalu lintas harus bersifat subordinatif dengan penyidik Kepolisian atau didampingi penyidik Kepolisian, ini diatur di Pasal 266 ayat (4) UU LLAJ dimana PPNS lalu lintas wajib berkoordinasi dengan penyidik Kepolisian, yang diatur Pasal 263 ayat (2) UU LLAJ.

Hendri Wahyudi, saat dihubungi mengakui ia salah satu dari 6 wakil Riau yang mengikuti Diklat PPNS LLAJ di Bogor.

Menurutnya, di Dishub Kuansing, baru ada 3 orang petugas LLAJ yang sudah mempunyai kompetensi PPNS LLAJ termasuk ia sendiri. Namun kedua rekannya, tidak bisa melaksanakan tugas karena sesuatu hal.

Ia berharap Diklat PPNS LLAJ yang diikutinya ini bisa menambah SDM di bidang lalulintas di Dishub Kuansing, sehingga penegakan aturan LLAJ di Kuansing ke depan lebih dapat ditingkatkan.

"Tentunya harapan kita demikian, supaya penegakan lalulintas kita lebih teratur, yang pastinya untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya," ungkapnya.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang