Senin, 9 Desember 2019 09:55

Sungai Kuantan Meluap, Ketua DPRD Kuansing Himbau Warga Waspada

Ketua DPRD Kuansing menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan, menyusul meluapnya aliran Sungai Kuantan.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra SH MH mengingatkan masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai Kuantan, agar waspada karena air sungai Kuantan mulai meninggi sejak Ahad kemarin.

Kondisi ini disebabkan karena tingginya curah hujan sejak beberapa hari terakhir, sehingga berdampak pada debit air di sungai Kuantan dan Sungai Singingi.

Atas kondisi ini Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra, SH. MH mengingatkan warga masyarakat di sepanjang bantaran Sungai Kuantan agar waspada, mengingat debit air sewaktu-waktu bisa meninggi.

Dari informasi yang diterima Ketua DPRD Kuansing, Andi Putra, khusus debit air sungai Kuantan mulai meninggi. "Ini sewaktu-waktu bisa menyebabkan banjir, apalagi curah hujan cukup tinggi terutama di bagian Hulu Sungai Kuantan," kata politisi muda Partai Golkar itu.

"Saya terus terang khawatir, khususnya bagi warga yang tinggal disepanjang bantaran sungai Kuantan," imbuhnya.

Untuk itu ia juga minta pemkab Kuansing melalui Dinas terkait dan Pemerintah Kecamatan hingga Desa melakukan antisipasi dini, sehingga kata Andi Putra, ketika banjir datang bisa dilakukan langkah cepat.

"Misalkan dengan langkah evakuasi, atau mendirikan posko posko waspada banjir agar tidak timbul korban jiwa dan harta benda," jelasnya.

Selain mengingatkan bagi warga di sepanjang aliran Sungai Kuantan, Andi Putra juga mengingatkan warga di beberapa Sungai lain seperti Singingi, Petapahan dan beberapa lainnya yang juga kerab terjadi banjir.

"Saya dapat informasi dari  Anggota DPRD Kuansing, Fedrios Gusni bahwa luapan sungai Singingi telah merendam puluhan rumah di daerah itu. Saya berharap Pemkab Kuansing segera turun tangan, untuk membantu warga yang terdampak banjir," pintanya.

Terakhir Andi Putra mengingatkan, untuk warga di sepanjang aliran sungai Petapahan, juga mesti meningkatkan kewaspadaan. Sebab di wilayah ini kerab terjadi banjir bandang, yang datang tiba tiba.

  "Sebelum terjadi saya himbau agar dilakukan pemantauan dan pencegahan,oleh instansi terkait agar tidak timbul korban di masyarakat, takasnya.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang