Jum’at, 6 Desember 2019 17:20

Libur Natal dan Tahun Baru 2020,
Telkomsel Pastikan Perkuat Layanan Jaringan Untuk Semua Masyarakat

Telkomsel telah menyiapkan persiapan dalam menghadapi lonjakan trafik libur Natal 2020. Telkomsel memperkuat layanan jaringannya di setiap provinsi.

Riauterkini-PEKANBARU-Menghadapi momen libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 mendatang, Telkomsel sebagai Digital Telco Company terbesar di Tanah Air telah menyiapkan berbagai persiapan dalam menghadapi lonjakan trafik layanan komunikasi dengan memperkuat layanan jaringannya di setiap provinsi, termasuk di tiga regional besar Sumatera yakni Sumbagut, Sumbagteng dan Sumbagsel.

Menurut Executive Vice President Telkomsel West Area, Agus Setia Budi, di area Sumatera sendiri, setidaknya sudah dilakukan optimalisasi jaringan yang tersebar di 150 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian masyarakat saat periode Natal dan Tahun Baru (Naru) 2020 mendatang. Pusat keramaian tersebut meliputi stasiun, terminal, objek wisata, ruas jalan tol, mal dan pusat-pusat perbelanjaan. Kemudian Telkomsel juga sudah melakukan antisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di jalur tol Trans Sumatera dan bandara yang beroperasi di setiap kota.

Selain itu, Telkomsel menyiapkan juga 6 unit Compact Mobile Base Station (Combat) atau mobile BTS yang dikerahkan di titik trafik komunikasi terpadat di Sumatera agar dapat menjamin kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan komunikasi.

"Kewajiban kami sebagai provider harus terus memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan atau masyarakat dapat nyaman berkomunikasi, bahkan disaat kondisi trafik terpadat sekalipun. Intinya kami ingin memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan Telkomsel," ujarnya ketika menyampaikan kesiapan dan optimalisasi jaringan Telkomsel menyambut Natal dan Tahun Baru 2020 untuk regional Sumbagut, Sumbagteng dan Sumbagsel, Jumat (06/12/19).

Pria yang tenar dengan sapaan ASB ini menjelaskan, bentuk kesiapan lainnya adalah Telkomsel Area Sumatera sudah membangun juga 6.791 Base Transceiver Station, multi-band Long Term Evolution (LTE) terbaru serta penambahan kapasitas di 6.847 existing BTS LTE atau setara dengan penambahan kapasitas bandwidth hingga 2,25 Tbps agar menghadirkan layanan broadband yang berkualitas dengan kapasitas yang memadai.

Di lokasi yang sama, Vice President Network Operation and Quality Management Telkomsel Area Sumatera, Iswandi menuturkan, persiapan optimalisasi dalam memperkuat jaringan menghadapi libur Naru itu sendiri memang sudah dipersiapkan oleh Telkomsel secara matang sejak jauh hari sebelumnya, tepatnya pada Oktober 2019 lalu dan nantinya akan selesai direalisasikan di Desember 2019. Sehingga ia pun optimis Telkomsel benar-benar siap 100 persen menghadapi Natal dan Tahun Baru 2020. Masih kata Iswandi, khusus di wilayah Sumbagteng, lokasi paling ramai saat Naru mendatang diperkirakan berada di Bukit Tinggi, Sumatera Barat.

"Kami (Telkomsel) siap 100 persen menghadapi Natal dan Tahun Baru. Kami menyiapkan teknologi 4G LTE yang mampu menampung lonjakan trafik data. Pada momen Naru nanti, kami memprediksi penggunaan broadband akan mengalami kenaikan sebesar 115 persen dari kondisi normal. Namun kami pastikan network Telkomsel mampu mengatasi hal tersebut," tuturnya.

Pada kesempatannya, Iswandi pun mengatakan bahwa tahun ini, di Area Sumatera, diperkirakan lonjakan penggunaan layanan data Telkomsel pada Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan mengalami peningkatan hingga 15 persen. Kemudian voice meningkat 3 persen serta SMS meningkat dikisaran angka 6 persen. Sementara itu, Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Sumatera, Erwin Tanjung menambahkan, khusus Naru nanti, penguatan jaringan akan lebih banyak terkonsentrasi di tempat-tempat destinasi wisata. Apalagi lokasi wisata merupakan tempat yang paling banyak diserbu oleh masyarakat saat menikmati liburan akhir tahun.

"Telkomsel sudah mempersiapkan GraPARI Siaga Naru di 13 titik di Pulau Sumatera. GraPARI Siaga Naru ini kami pastikan tetap beroperasi melayani pelanggan di hari libur. Lalu Telkomsel juga membuat posko Siaga di 20 titik yang tersebar di lokasi keramaian dan lokasi wisata. Masing-masing posko Siaga tersebut akan menyediakan booth pelayanan, penjualan pulsa, kartu perdana, redeem Telkomsel Poin dan layanan lainnya," Tutupnya.***(gas)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang