Senin, 2 Desember 2019 09:42

Berpadu HKN ke 55, Disdalduk Pekanbaru Siap Bentuk 45 Sekolah Siaga Kependudukan

Disdalduk Kota Pekanbaru siap Membentuk 45 Sekolah Siaga Kependudukan. Bagian dari HKN ke-55.

Riauterkini - PEKANBARU-Bertempat di Puskesmas Rawat Inap Sapta Taruna, di Jalan Sapta Taruna Tangkerang Utara Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB) melaksanakan momentum pencanangan PKK KKBPK Kesehatan ke-55. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Asisten II Elsabrina. Berbagai rangkaian kegiatan dilakukan yakni pengobatan gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, pelayanan KB Gratis, donor darah, penyuluhan narkoba , pelayanan BPJS dan lain sebagainya.

Kepala Disdalduk KB Kota Pekanbaru Drs. H. Muhammad Amin, mengatakan, pencanangan ini setiap tahun dilakukan dan mengacu ke petunjuk teknis dari pihak Pusat yaitu BKKBN Republik Indonesia. Adapun tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan pelayanan yang bersinggungan dengan Program KKBPK dan masyarakat.

"Kita berharap, dengan dilaksanakan kegiatan ini hendaknya masyarakat dapat menerapkan delapan fungsi keluarga dalam kehidupan berumah tangga, berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana pada tahun ini Hari kesehatan tingkat kota Pekanbaru juga kita sembarikan pelaksanaannya disini, berhubung Diskes dan Disdalduk KB bersinergi karena KB dan Kesehatan itu memiliki kesamaan yang kuat yaitu mengurusi masyarakat secara luas di lini lapangan," singkat Amin.

Disisi lain, Kepala Bidang Advokasi, Pengendalian Penduduk dan Pergerakan Doni Sali Irwan menyebutkan, kegiatan tahun ini dibuat sedikit berbeda dari kegiatan tahun lalu dimana tahun ini kita laksanakan bersinergi dengan kawan-kawan dari Diskes. " Ada 7 Rumah sakit besar di Pekanbaru diikutkan, seperti Rumah Sakit Sansani, Rs Syafira , Rumah Sakit Andini, Rumah Sakit Prima , Rumah Sakit Zainab, Rumah Sakit Santa Maria dan Puskesmas Sapta Taruna Sendiri. " kata pria yang berbadan tegap ini.

"Pihak IBI dan Disdalduk secara kuat memberikan pelayanan terbaik dimana pada hari tersebut pendaftaran pasien pelayanan KB diatas 100 orang dan sangat ramai, Ketua IBI terpilih Karmina Dewi sangat aktif dalam pelayanan KB dengan mendampingi bahkan ikut melayani pemasangan alat kotrasepsi MKJP serta pihak PMI dan Kodim juga sangat antusias memberi pelayanan dimana TNI AD yang dibawahi Kodim Pekanbaru mengadakan giat juang kartika dilokasi sehingga personil dari TNI dan Kepolisian terlihat ikut meramaikannya," ujarnya lagi.

Acara ini secara langsung dibuka Oleh ibuk Asisten II Ibuk Elsabrina yang mewakili walikota pekanbaru pada acara ini, dan dalam sambutan walikota yang dibacakan menegaskan betapa pentingnya momen ini dan juga bersempena dengan kegiatan peringatan Hari Kesehatan nasional ke 55, disampaikan ASS II ini bagaiman kita bisa mencipatakan generasi indonesia yang sehat dan cerdas.

Dan yang terpenting dalam acara ini adalah sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Ibu Asisten II Pekanbaru Elsyabrina dalam sambutannya bagaimana bisa menciptakan generasi indonesia yang sehat dan cerdas dan adanya penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (Mou) dengan Dinas Pendidikan untuk menjadikan seluruh SMP di Pekanbaru menjadi Sekolah Siaga Kependudukan.

Momentum ini di titikberatkan untuk menciptakan inovasi yang tahun ketahun harus di tonjolkan, seperti tahun ini kita sempenakan dengan HKN ke 55 sehingga pesan dan pelayanan yang diberikan pada masyarakat dapat sekaligus tersampaikan dengan baik.

"Kami berusaha menjadi super team bukan superman seperti yang disampaikan Walikota Pekanbaru DR. H. FIRDAUS ST. MT, dan itu selalu jadi panduan kami di Dinas Pengendalian Penduduk dan KB untuk menjadi tim yang kuat," ujar Doni yang biasa dipanggil Bapak KB.

Ditempat yang sama 'Emak Kampung KB' yakni Erni Setiawati lulusan Universitas Indonesia menjelaskan, kegiatan tahun ini memiliki aura yang berbeda dimana antusias masyarakat dan perangkat acara sangat kuat tahun ini, dimana pada pojok bazar terisi penuh oleh usaha usaha binaan PKK Sekota Pekanbaru dan ada juga penampilan Fraghment Komedi Mendidik yang yang langsun.***(dan)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang