Sabtu, 30 Nopember 2019 22:38

UKW di Bengkalis, 42 dari 46 Wartawan Dinyatakan Kompeten

Penyelenggaraan UKW Angkatan XIII dan XIV se-Provinsi Riau berjalan sukses. Dari 46 wartawan yang mengikuti UKW, 42 orang dinyatakan berkompeten tingkat MUDA, sedangkan sisanya belum.

Riauterkini-BENGKALIS- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerja sama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat MUDA bagi wartawan utusan PWI kabupaten/kota di Provinsi Riau.

Dilaksanakan selama dua hari, 29-30 November 2019, UKW angkatan XIII dan XIV memiliki tema "Dengan Uji Kompetensi Wujudkan Wartawan  yang Profesional dan Berwawasan" ini dilaksanakan di salah satu hotel di Bengkalis. Diikuti 48 wartawan, namun dua berhalangan sehingga menjadi 46 orang.

Dari 46 orang peserta yang mengikuti UKW tersebut, diumumkan pada saat penutupan oleh Perwakilan Penguji, Firdaus Baderi, bahwa 42 wartawan dinyatakan kompeten atau lulus UKW sedangkan 4 wartawan belum kompeten.

"Dari 46 orang yang mengikuti UKW ini dinyatakan kompeten 43 orang sedangkan 4 orang belum," ujar Firdaus Baderi.

UKW ini resmi ditutup oleh Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo, Sabtu (30/11/19) petang.

Ketua PWI Kabupaten Bengkalis, Alfisnardo menegaskan bahwa suksesnya UKW ini merupakan sejarah baru bagi PWI di Kabupaten Bengkalis.

"Ini sejarah baru bagi PWI Bengkalis yang telah berhasil melaksanakan UKW selama dua hari ini," ungkapnya seraya menyebutkan suksesnya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan kawan-kawan yang tergabung dalam PWI dan juga kerja sama Pemkab Bengkalis.

Sebelumnya, kegiatan UKW untuk kalangan wartawan ini resmi dibuka oleh Kepala Diskominfotik, Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri pada Jumat (29/11/19) kemarin petang.

Johansyah berharap antara lain  agar UKW ini bukan hanya sekedar lulus, akan tetapi bisa benar-benar menjadi pembeda antara wartawan PWI dengan wartawan "kawe".

"Karena salah satu fungsi wartawan adalah untuk mengedukasi kepada masyarakat agar bisa membedakan mana wartawan yang betul-betul wartawan atau hanya wartawan abal-abal," kata pria yang juga pernah menjadi wartawan ini.

Sementara itu, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo menyebutkan, UKW merupakan proses rekonstruksi terhadap pekerjaan sehari-hari sebagai wartawan dan merupakan bagian dari pendidikan.

Informasi tambahan, kegiatan UKW diikuti 46 orang ini dibagi delapan kelas dan rata-rata dalam satu kelas terdiri enam orang. Anggota PWI Kabupaten Bengkalis mengikutsertakan anggota 21 orang dan selebihnya adalah utusan dari PWI dari kabupaten/kota di Riau.

Para penguji dari Jakarta, Sasongko Tedjo, Firdaus Baderi, Retno Intani, Izaac Mulyawan Tulalessy, Sayid Iskandarsyah. Dari Yogyakarta, Sihono dan dari Aceh, T. Haris Fadillah, serta dari PWI Riau, Eka Putra. Kemudian ditambah kesekretariatan dari PWI Pusat, Elly Sri Pujianti dan Winarti Setiani.***(dik)

Foto : Berlangsungnya kegiatan UKW oleh salah satu kelas peserta, Sabtu (30/11/19).


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang