Jum’at, 15 Nopember 2019 17:01

BPS Riau Gelar FGD Satu Data Kependudukan

Menuju satu data kependudukan, BPS menggelar Forum Group Discution (FGD). FGD dilakukan dengan berbagai lapisan masyarakat.

Riauterkini-PEKANBARU-Menjelang Sensus Penduduk 2020, BPS menggelar fokus group discution (FGD) tentang satu data kependudukan, Jumat (15/11/19). Kepala BPS Riau, Miftaruddin mengatakan bahwa salah satu langkah yang dilakukan untuk kesuksesan sensus penduduk 2020 adalah melakukan FGD bagi OPD, komunitas dan jurnalis serta berbagai lapisan masyarakat.

Selain OPD, Komunitas dan jurnalis, FGD BPS Riau juga mengajak kalangan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Akhir November dan Desember yang akan dilaksanakan oleh NPS Kabupaten Kota se Riau akan mengundang seluruh pihak hingga lapisan bawah dan melaksanakan FGD Satu Data Kependudukan.

Jadi, tambahnya, ke depan, hasil sensus penduduk 2020 hanya data inilah yang menjadi Satu Data Kependudukan yang dipakai ke depannya.

"Menjalin rancangan yang tercapai satu tujuan satu data kependudukan," terangnya.

Miftaruddin menambahkan bahwa untuk lebih mempermudah pelaksanaan sensus, BPS melakukan berbagai inovasi. Yaitu dengan melaksanakan sensus secara online.

Ke depan, tambahnya, untuk data pribadi, akan diberlakukan dengan penggunaan NIK. Itulah sebabnya satu data kependudukan. Itulah diharapkan seluruh pihak mengisi data dari secara jujur dan benar.

Miftaruddin mengatakan bahwa dengan pelaksanakan sensus penduduk online diharapkan partisipasi aktif dari masyarakat. Karena dapat melakukan pendataan kapan saja secara mandiri selama pe kode pelaksanaan sensus penduduk online. Selain itu, sensus penduduk online dapat mengoptimalisasi tehnologi informasi. Karena literisasi masyarakat terhadap penggunaan tehnologi informasi yang semakin baik.

"Sensus penduduk online juga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang arti penting data yang dimulai dari informasi pribadi," kata Miftaruddin.*(H-we)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang