Rabu, 13 Nopember 2019 16:00

6 Korban Dirujuk Ke RSUD Indrasari DBD Meningkat di Tanah Datar, Inhu

Terjadi peningkatan penderita DBD di Tanah Datar, Inhu. Saat ini 6 pasien dirujuk ke RSUD Indrasari.

Riauterkini-RENGAT-Terjadi peningkatan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Desa Tanah Datar, Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), enam orang korban harus dirujuk ke RSUD Indrasari Rengat karena mengalami panas tinggi akibat terjangkit DBD. Peningkatan kasus DBD ini belum dikategorikan KLB karena hanya terjadi di satu tempat saja.

Meningkatnya kasus DBD di Desa Tanah Datar, Kecamatan Rengat Barat, Inhu hingga membuat enam orang warganya di rujuk ke RSUD Indradari Rengat disampaikan Kadis Kesehatan Inhu Elis Julinarti saat dikonfirmasi riauterkinicom, Rabu (13/11/19).

"Peningkatan kasus DBD di Desa Tanah Datar, Kecamatan Rengat Barat, Inhu hanya terjadi pada bulan November ini. Dimana hanya dalam satu bulan ini enam orang warga menjadi korban terjangkitnya DBD, hingga harus di rujuk ke RSUD Indrasari Rengat di Pematang Reba," ujarnya.

Dengan meningkatnya DBD di Desa Tanah Datar tersebut, Dinkes Inhu langsung bergerak cepat melakukan fogging untuk memutus penyebaran DBD. Selain itu tindakan pencegahan juga dilakukan dengan melakukan penyuluhan tentang pentingnya lingkungan yang bersih dan bebas dari jentik-jentik nyamuk.

"Penyuluhan langsung dilakukan Dinkes Inhu dilapangan, untuk mengingatkan masyarakat betapa pentingnya lingkungan yang bersih untuk mengantisipasi dan menghindari penyebaran DBD di lingkungan masyarakat. Selain itu Juru Pemantau Jentik atau Jumantik juga diintruksikan untuk kembali diaktifkan," ungkapnya.

Peningkatan kasus DBD di Tanah Datar ini belum masuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) karena hanya terjadi di satu tempat saja dan bukan terjadi secara keseluruhan di Kabupaten Inhu. Namun demikian, Dinkes Inhu tetap mengintruksikan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Inhu untuk selalu siaga terhadap terjadinya DBD.

"Belum bisa dikategorikan KLB, karena hanya terjadi disatu tempat saja dan bukan secara keseluruhan di kabupaten Inhu, bahkan dari data yang ada dari Januari hingga November 2019 di keseluruhan kabupaten Inhu hanya terjadi 190 kasus.Tapi untuk mengantisipasi terjadinya DBD saya sudah mengintruksikan kepada seluruh Puskesmas di Inhu untuk siaga bila ada pasien panas tinggi langsung jemput dan tangani sesegera mungkin," jelasnya. *** (guh)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang