Kamis, 7 Nopember 2019 18:33

Pemkab Rohul Tetap Perhatikan Pembangunan di Cipang Kiri Hulu, Desa di Perbatasan Riau-Sumbar

Pemkab Rohul tetap memperhatikan pembangunan di daerah perbatasan, seperti pembangunan di Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Meski daerah yang berada di perbatasan antara Provinsi Riau-Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), namun Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto tetap menjadi perhatian pembangunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul).

Hal itu disampaikan Bupati Rohul H Sukiman di sambutannya saat menghadiri Hari Jadi ke-47 Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto yang diadakan di Los Pasar Sei Sikijang, Kamis (7/11/2019).

Kunjungan Bupati Sukiman ke Desa Cipang Kiri Hulu yang disambut kesenian tradisional dan tarian ini juga dihadiri Staf Ahli Bupati, Asisten II Ir H M Ruslan M.Si, sejumlah Kepala OPD.

Hadir juga Camat Rokan IV Koto M Abrar, Kapolsek serta Danramil Rokan IV Koto, Kepala Desa Cipang Kiri Hulu Maskuri, para Kepala Desa se-Kecamatan Rokan IV Koto, perwakilan dari PT Sawit Rokan Semesta (SRS), serta diramaikan masyarakat setempat.‎

Masih sempena hari anak sehari belajar di luar kelas, Musfida Aulia merupakan siswi SMPN 4 Rokan IV Koto, mewakili anak-anak di Desa Cipang Kiri Hulu, khususnya anak Rohul pada umumnya menyampaikan surat terbuka kepada Bupati Rohul Sukiman.

Surat terbuka Musfida berisikan tentang perlunya perbaikan sektor pendidikan di Desa Cipang Kiri Hulu, serta peningkatan sarana dan prasarana penunjang lainnya.‎

Masih di acara sama, Kades Cipang Kiri Hulu, Maspuri, mengungkapkan Desa Cipang Kiri Hulu awalnya tergolong desa terpencil dan berada di perbatasan antara Provinsi Riau dengan Provinsi Sumbar.

Sebelumnya, untuk sampai ke Sumbar, masyarakat hanya bisa melewati jalan air bak arung jeram, namun kini masyarakat Cipang Kiri Hulu sudah‎ bisa melewati jalur darat.

Meski telah bisa lewat darat, Maspuri mengharapkan Pemkab Rohul‎ membangun jembatan dan jalan, termasuk sarana komunikasi berupa tower seluler, sehingga memudahkan masyarakat Desa Cipang Kiri Hulu mudah berkomunikasi keluar.

"Perbaikan jalan ke perbatasan melewati pintu kuari juga diperlukan pak Bupati," sampai Maspuri dan mengaku sebagai Datuk Sutan Gumalo Sungai Kijang dan mamak masyarakat, ia dan masyarakat akan tetap mendukung program Pemkab Rohul.

Tokoh Masyarakat Cipang Kiri Hulu, Afdal M.Pd, juga mengucapkan terima kasih atas pembangunan yang telah dilaksanakan Pemkab Rohul di desanya, seperti jalan ke Lubuk Ulek dan Sungai Lumuk. Pemuka masyarakat juga meminta dilakukan perbaikan sarana dan sarana pendidikan dan masjid.

Sementara, Bupati Rohul Sukiman di sambutannya mengatakan telah menampung seluruh aspirasi masyarakat, baik tentang kesulitan dan permintaan pembangunan Desa Cipang Kiri Hulu, pendidikan, jembatan, listrik dan jalan, termasuk perbaikan ruas jalan sampai ke perbatasan Sumbar.

"Secara bertahap dan berangsur akan kita laksanakan, seperti tower seluler untuk komunikasi dan aspal jalan sesuai kemampuan keuangan," sampai Bupati Rohul, Sukiman, di sambutannya.

Di akhir acara, Bupati Rohul menyalurkan sejumlah bantuan untuk Desa Cipang Kiri Hulu, seperti bantuan untuk dua masjid yang mengajukan proposal di 2018, kemudian 6.000 bibit ikan, serta Alat Permainan Edukatif atau APE untuk TK dan PAUD yang ada di desa perbatasan tersebut.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Keterangan Foto: Bupati Rohul H Sukiman menyerahkan beberapa jenis bantuan untuk Desa Cipang Kiri Hulu, Kecamatan Rokan IV Koto.



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang