Kamis, 7 Nopember 2019 09:48

PN Pasirpangaraian Eksekusi Sebidang Tanah di Rantau Kasai Tanpa Perlawanan

Sita eksekusi sebidang tanah di Desa Tambusai Utara yang dilakukan Panitera PN Pasirpangaraian berjalan aman dan lancar, dan tidak dihadiri termohon.

Riauterkini-PASIRPANGARAIAN- Pengadilan Negeri (PN) Pasirpangaraian, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengeksekusi sebidang tanah kosong seluas 400 meter persegi milik Ernawati boru Siahaan di Rantau Kasai, Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara.

Sita eksekusi dilakukan PN Pasirpangaraian, Rabu (6/11/2019), berdasarkan hasil keputusan sidang putusan gugatan sederhana yang diajukan pengurus Koperasi Serba Usaha (KSU) CU Hati Nurani Rohul.

Pada putusannya, pemohon pinjaman Ernawati dinilai tidak bisa melunasi dan membayar pinjaman uang sebesar Rp 70 juta, sehingga pengurus KSU CU Hati Nurani menempuh jalur hukum gugatan sederhana di PN Pasirpangaraian.

Sita eksekusi sebidang tanah seluas 400 meter persegi yang dilakukan Panitera PN Pasirpangaraian Aryananda SH, MH, dijaga oleh anggota Polsek Tambusai Utara berjalan aman, lancar dan tanpa perlawanan dari pemilik yang memang tidak hadir pada sita eksekusi tersebut.

Sita eksekusi tersebut juga disaksikan Seketaris Desa Tambusai Utara, Kuasa Hukum dari KSU CU Hati Nurani Rohul Efesus DM Sinaga, dan sejumlah pengurus KSU CU Hati Nurani Rohul selaku pemohon.

Panitera PN Pasirpangaraian Aryananda, didampingi tim eksekusi mengatakan pada putusan, Ernawati diketahui meminjam uang di KSU CU Hati Nurani Rohul sebesar Rp70 juta. Namun, pada masa pinjaman selama 36 bulan, ia tidak bisa mengembalikan.

"Yang bersangkutan tidak membayarkan atas kewajibannya, sehingga pihak pemberi pinjaman yaitu KSU Cu Hati Nurani mengajukan gugatan sederhana ke Pengadilan Negeri Pasirpangaraian," ungkap Aryananda.

Pada sidang putusan, PN Pasirpangaraian mengabulkan gugatan diajukan pengurus KSU CU Hati Nurani. Setelah memiliki kekuatan hukum tetap, selanjutnya dilakukan sita eksekusi jaminan milik termohon.

Sita eksekusi sesuai penetapan Ketua PN Pasirpangaraian Sunoto SH, MH Nomor: 06/ pen.Pdt/ sita.PTS/ 2019/ PN Psp tanggal 30 Oktober 2019 terhadap sebidang tanah kosong seluas 400 meter persegi SKRT Nomor 592.11/ 266 skrt/ MT/ VI/ 2006 atasnama Aliansen Saragih sebagai anggunan.

Sementara, Kuasa Hukum dari KSU CU Hati Nurani Rohul, Efesus DM Sinaga, berdasarkan keterangan dari pengurus KSU, setelah pinjaman sebesar Rp70 juta cair dengan angsuran Rp1,9 juta per bulan dan masa pinjaman 36 bulan, Ernawati hanya membayar angsuran beberapa bulan saja.

Ernawati mulai macet membayar angsuran setelahnya. Di bulan ke empat, kelima, dan bulan ke enam, bahkan ia hanya membayar bunga angsuran saja.

‎Efesus mengaku berbagai upaya telah dilakukan pengurus KSU CU Hati Nurani, namun tidak membuahkan hasil, sehingga pengurus mengajukan gugatan sederhana ke PNS Pasirpangaraian, dan pada putusannya gugatan dikabulkan Majelis Hakim.

"Sehingga pada hari ini dilakukan sita eksekusi sebagai anggunan dari pemohon, karena telah berkekuatan hukum tetap," pungkas Efesus.***(zal)




 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang