Rabu, 6 Nopember 2019 22:32

Demi Masyarakat, DPRD Rohul Targetkan APBD 2020 Sudah Disahkan Sebelum Batas Waktu

DPRD Rohul menargetkan APBD 2020 sudah disahkan sebelum 30 November 2019. Anggota dan OPD diminta proaktif selesaikan pembahasan sebelum batas waktu.

Riauterkini-‎PASIRPANGARAIAN- DPRD Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menargetkan APBD 2020 sudah disahkan sebelum 30 November 2019, sehingga awal 2020 sudah bisa digunakan untuk kegiatan.

Upaya mengejar target, Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kabupaten Rohul telah mengadakan Rapat Banmus pada Senin malam (4/11/2019), meski tidak difasilitasi Sekretariat DPRD Kabupaten Rohul.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Rohul, Hardi Chandra, mengatakan untuk tahap awal, berdasarkan hasil Rapat Banmus, Kamis pagi (7/11/2019), diagendakan Pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS)‎ APBD 2020 di tingkat komisi.

Ia mengatakan pembahasan KUA-PPAS ini akan diikuti 33 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkab Rohul. Undangan sendiri telah disampaikan Sekretariat DPRD Rohul ke seluruh OPD.

Hardi mengaku Banmus juga telah menyampaikan jadwal pembahasan KUA-PPAS, sesuai hasil rapat Banmus ke anggota.

"Tentu seluruh anggota DPRD (Rohul) sudah mendapatkan jadwal tersebut. Harapan kita tentu mereka bisa mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan Badan Musyawarah tersebut," kata Hardi, Rabu (6/11/2019).

"Pihak pemerintah juga sudah kita kabari, harapan kita juga sama bahwasanya untuk pembahasan KUA-P‎PAS (2020) pemerintah juga proaktiflah, sehingga APBD bisa disahkan secepatnya, sebelum 30 November," harap politisi PDI Perjuangan ini.

Di lain tempat, Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Rohul, Rusli, mengatakan sebelum pembahasan KUA-PPAS didahului rapat intern komisi pukul 09.00 WIB.

"Kita harapkan baik anggota DPRD dan pemerintah hadir. Jangan sampai terlambat pembahasannya, dan jangan lewat last minute-nya," kata Politisi Partai Keadilan Sejahtera atau PKS ini.

‎"Sehingga kita jangan lengah-lengah, sebab masih banyak prosesnya lagi. Kalau macet sehari bagaimana. Ini semua untuk kemaslahatan Rokan Hulu," pungkas Rusli.

Sementara, Ketua Komisi IV DPRD Rohul, Hj Sumiartini, mengatakan pembahasan KUA-PPAS di tingkat komisi adalah menindaklanjuti hasil rapat Banmus Senin lalu.

Sumiartini menuturkan agenda pembahasan KUA-PPAS di tingkat komisi akan dilakukan dengan mitra kerja masing-masing OPD, dan agenda juga sudah disampaikan ke anggota DPRD Rohul dan seluruh OPD.

Polititisi PDI Perjuangan ini juga mengharapkan seluruh OPD proaktif,‎ sehingga APBD Rohul 2020 segera disahkan sebelum batas waktunya, apalagi hasilnya juga harus dikonsultasikan dengan Pemprov Riau.

"‎Kami melaksanakan hal tersebut (pembahasan KUA-PPAS) sehingga tanggal 30 November harus sudah kita sahkan, karena rakyat Rokan Hulu hari ini menunggu APBD ini disahkan, karena nasib rakyat Rokan Hulu di APBD kita," pungkas Sumiartini.***(zal)




 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang