Senin, 21 Oktober 2019 20:57

Hibah Rp39 M, Akan Dibangun Pipa Distribusi Air Bersih di Bengkalis dan Bukitbatu

Mulai tahun depan dilelang, akan dibangun jaringan distribusi air bersih di dua kecamatan. Bersumber bantuan hibah Rp39 miliar.

Riauterkini-BENGKALIS- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Terubuk Bengkalis pada tahun 2020 akan mulai memperluas jaringan pipa distribusi air bersih di dua kecamatan, Bengkalis dan Bukitbatu ke pelanggan. Perluasan ini menyusul bantuan hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dan Bank Dunia untuk perluasan jaringan air PDAM Tirta Terubuk Bengkalis.

Anggaran yang disiapkan untuk perluasan jaringan pipa distribusi di dua kecamatan tersebut, sebesar Rp39 miliar.

Direktur Utama PDAM Tirta Terubuk Bengkalis, Jufrizal, SE menyatakan, bantuan hibah jaringan akan mulai dilelang sekitar Februari 2020 mendatang, dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Air Minum Provinsi Riau.

"Kita hanya sebagai pengguna saja. Pembangunan jaringannya akan mulai dilelang 2020 mendatang dan dikerjakan oleh Balai Air Minum Provinsi, setelah selesai pada tahun 2021 mendatang akan kita gunakan," terang Jufrizal, Senin (21/10/19) petang.

Program bantuan hibah ini dinamakan Pemenuhan Readiness Criteria National Urban Water Supply Project (NUWSP) dimana pihak bank dunia memberikan pinjaman kepada pemerintah pusat untuk membangun pengelolaan air bersih.

"Kecamatan Bengkalis dan Bukit Batu yang akan dibangunkan jaringan dengan program NUWSP ini. Total anggaran hibah akan dikucurkan sebesar Rp39 miliar," kata Jufrizal lagi.†

Sebelum mengucurkan hibah ini, tim dari kementerian beberapa waktu lalu sudah melakukan survei ke Bengkalis dan Buktibatu. Hasil survei tersebut akhirnya bantuan hibah jaringan akan direalisasikan.

"Memang sempat terkendala oleh kondisi waduk kita saat ini.† Namun setelah kita jelaskan tahun 2020 akan ada renovasi waduk, akhirnya hibah dengan program NUWSP tersebut tahun depan akan mulai dilelang," terangnya.

Dengan adanya tambahan jaringan ini pihak PDAM Tirta Terubuk menargetkan tahun 2021 akan ada penambahan cangkupan pelanggan. Untuk Kecamatan Bengkalis saja saat ini cangkupan pelanggan hanya sekitar 3.200 pelanggan, dengan adanya tambahan jaringan PDAM 2021 nantinya bisa mencapai 7.000 pelanggan di Kecamatan Bengkalis.

"Begitu juga untuk Kecamatan Bukitbatu akan ada peningkatan cakupan pelanggan yang bertambah. Sebelum proses pelelangan proyek ini dikerjakan, kami juga wajib menandatangani Kontrak Kinerja selambat-lambatnya pada Desember 2019 mendatang,"† katanya lagi.

Direalisasikannya hibah kepada PDAM Bengkalis tersebut, menurut Jufrizal juga tidak terlepas dari dukungan penuh Bupati Bengkalis Amril Mukminin dan Sekda Bengkalis H. Bustami HY.***(dik)

Foto : Jufrizal, SE, Dirut PDAM Tirta Terubuk Bengkalis.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang