Sabtu, 19 Oktober 2019 19:50

Tingkatkan Ekonomi,
Ratusan Petani di Bengkalis Belajar Budi Daya Labu Madu Hana

Distan Bengkalis memotivasi petani untuk tingkatkan ekonomi. Sosialisasikan teknis budi daya Labu Madu Hana yang potensial.

Riauterkini-BENGKALIS- Upaya pengembangan budi daya Labu Madu jenis Hana di Kabupaten Bengkalis, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkalis melaksanakan sosialisasi budi daya labu tersebut. Dengan tema "prospek budi daya labu madu jenis hana dalam peningkatan ekonomi petani", kegiatan sosialisasi diikuti setidaknya 115 petani dari berbagai kelompok, petani dari kecamatan dan tenaga penyuluh.

Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Siakkecil, Kabupaten Bengkalis berlangsung sehari dibuka secara resmi Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Distan Kabupaten Bengkalis, Supardi, S.Sos, M.H, Kamis (17/10/19) lalu. Distan Kabupaten Bengkalis mendatangkan narasumber dari Pekanbaru yaitu Harsan, S.P, M.Si selaku praktisi pertanian, kemudian Alex, selaku distributor.

Materi antara lain, teknis penanaman Labu Madu jenis Hana, pengendalian, penanggulangan hama, analisa, prospek, pemasaran, dan upaya pendampingan.

Para peserta cukup antusias, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan seperti bagaimana mendapatkan benih hingga ke pemasaran. Dengan telah adanya distributor yang dapat langsung bertemu dan berkomunikasi dengan petani serta adanya pendampingan dari praktisi yang telah berpengalaman, maka keinginan petani untuk budi daya labu jenis Hana ini berpotensi semakin besar.

"Kegiatan ini semula akan diadakan di Unit Pelaksana Teknis Badan Pengembangam dan Perencanaan Siakkecil, tapi karena banyaknya peminat yang mau mengikuti, maka dipindahkan ke kecamatan. Nantinya, sosialisasi seperti ini juga akan kami adakan di seluruh kecamatan," ungkap Plt. Kepala Distan Kabupaten Bengkalis, Supardi, Sabtu (19/10/19).

Pria yang juga pernah menjabat sebagai Plt. Kepala Dinkes ini berharap, ada varietas tanaman yang cocok, mudah, murah biaya dan berprospek ke petani untuk bisa dikembangkan di Kabupaten Bengkalis seperti pisang, talas,porang dan sebagainya.

"Para petani mari terus menanam memanfaatkan lahan dengan tanaman yang sangat berpotensi ini. Terima kasih seluruh pihak terselenggaranya kegiatan ini, dan mudah-mudahan kedepannya terus bersama-sama mengembangkan varietas unggulan yang cocok untuk dikembangkan di Bengkalis," ajak pria berkumis ini.

Turut hadir dalam sosialisasi ini, Camat Siakkecil diwakili oleh Kamaruddin, Kabid. Penyuluhan Distan Ir. M. Noor beserta staf, Kabid. Perkebunan Distan Rusmadi, SP. M.Si, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Distan diwakili oleh Kasi Promosi dan Pemasaran, Syarul Raya, S.P, Ka. UPT BPP Siakkecil, Astut Ivon, S.P, Ka. UPT Mekanisasi, Murdam, Ap, dan turut hadir juga Ka. UPT Penyuluhan, Kecamatan Mandau Eta, S.P beserta rombongan. Kemudian, juga turut hadir Kabid Balitbang Bengkalis yaitu Rozali, S.T di dampingi tim teknis, Eri Pranata, S.T dan Haris Umar.***(dik/inf)

Foto : Kegiatan sosialisasi pengembangan Labu Madu Hama ditaja Distan Bengkalis diikuti ratusan petani, Kamis (17/10/19) kemarin.


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang