Rabu, 16 Oktober 2019 14:51

BKSDA Riau Lepaskan Gajah dari Jerat di Konsesi Arara Abadi

Tim rescue BKSDA Riau berhasil menyelematkan melepas gajah. Hewan dilindungi itu terjerat nilon di kawasan konsesi PT Arara Abadi.

Riauterkini-PEKANBARU- Setelah mendapat laporan dari masyarakat bahwa telah ditemukan seekor Gajah (Elephas maximus) yang terjerat nilon di Distrik Melibur kawasan konsesi PT Arara Abadi tepatnya di Desa Lubuk Umbut Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau tanpa menunggu waktu, segera menurunkan Tim Rescue ke lokasi.

Demikian diungkapkan Kepala BKSDA Riau, Suharyono Rabu (16/10/19). Sesampainya di lokasi yang merupakan konsesi PT. Arara Abadi, Tim segera melakukan pelepasan jerat yang kuat mengikat Gajah berjenis kelamin jantan, berumur sekitar 1 tahun tersebut.

"Pelepasan jerat selesai dilakukan sekitar jam 6 sore," terangnya.

Dikarenakan kondisi Gajah yang mulai melemah dengan luka jerat parah, maka Tim memutuskan untuk dilakukan tindakan medis darurat di lokasi.

Mengingat usianya yang masih tergolong sangat muda dengan daya survive yang masih sangat rendah, maka Gajah tersebut akan menjalani perawatan/pemulihan intensif di Pusat Latihan Gajah ( PLG) Riau di Minas.

Saat ini, tambahnya, upaya evakuasi masih dilakukan dengan pengawalan 2 Gajah jinak Bankin dan Indah.

Suharyono mengapresiasi masyarakat yang sudah membantu dengan mengawasi posisi satwa tersebut agar selalu terpantau.*( H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang