Jum’at, 11 Oktober 2019 10:05

Polres Inhil Segel 50 Hektar Lahan Terbakar di Kecamatan Keritang

Kebakaran lahan di Keritang diproses Polres Inhil. Lahan seluas 50 hektar dipasang garis polisi sebagai barang bukti.

Riauterkini-KERITANG-Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hilir melakukan penyegelan lahan yang terbakar di Parit 14 Desa Kayu Raja, Kecamatan Keritang, Kamis (10/10/19).

Penyegelan ini dilakukan setelah Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman Siahaan SIK beserta puluhan personel Polri dan BPBD melakukan pemadaman dan pendinginan di TKP.

Dipastikan kondisi lahan yang terbakar sudah tidak ditemukan lagi titik api. Kapolres bersama personelnya sejak pagi sampai menjelang Maghrib berjibaku memadamkan api yang terkadang muncul saat cuaca terik dan angin kencang.

"Kondisi lahan sudah clear dari titik api. Maka hari ini kami lakukan penyegelan lokasi yang terbakar ini, lahan yang terbakar sekira 50 hektar, " tegas Kapolres Inhil AKBP Indra Duaman Siahaan, SIK, usai melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi Karlahut tersebut, Kamis sore.

Dinyatakan, pihaknya akan melakukan penyelidikan di lokasi, terhadap siapa saja pelaku pembakaran lahan ini.

"Sampai saat ini, diduga lahan yang terbakar ini milik masyarakat, namun untuk lebih jelasnya kami akan lakukan penyelidikan untuk mengetahui siapa pemilik sebenarnya, " ujarnya.

Kalau terbukti lahan ini sengaja dibakar, maka para pelaku akan dikenakan ancaman hukuman sebagaimana di KUHP dan Peraturan Perundang-Undangan terkait lainnya.

Beliau menghimbau kepada masyarakat, melalui aparatur desa agar masyarakat tidak membuka lahan dan hutan dengan cara membakar, karena tindakan ini merugikan orang lain.

"Juga memiliki sanksi hukum tegas bagi para pelakunya, " imbuhnya.***(mar).


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang