Kamis, 18 Juli 2019 10:53

Pertamina EP Asset 1 Lirik Field Bersihkan Ceceran Crude Oil

Pertamina EP Asset 1 Lirik Field merespon keluhan masyarakat. Menerjunkan tim untuk bersihkan ceceran crude oil atau latung.

Riauterkini-RENGAT-Menindak lanjuti pertemuan dengan warga Desa Gudang Batu Kecamatan Lirik, dengan disaksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Inhu Pertamina EP Asset 1 Lirik Field bersihkan ceceran crude oil atau biasa disebut latung.

Pembersihan ceceran crude oil tahap pertama ini dilakukan guna mewujudkan program bersih, rapih, dan aman (Beriman) di lingkungan Pertamina EP Lirik, dengan disaksikan DLH Inhu, unsur pimpinan Kecamatan Lirik, serta masyarakat Desa Gudang Batu dilakukan sejak Rabu (17/7/19) siang.

"Hal ini sebagai bentuk tindaklanjut hasil diskusi dengan DLH Kabupaten Indragiri Hulu beberapa waktu lalu di Kantor Desa Gudang Batu." ujar Fikri Fardhian, Lirik LR Assistant manager kepada riauterkinicom, Kamis (18/7/19).

Tahap awal pembersihan atas dugaan temuan crude oil di sekitar Desa Gudang Batu dilakukan dengan membersihkan temuan ceceran minyak di permukaan dan mempersiapkan akses jalan masuk alat berat.

"Untuk selanjutnya kita akan melaksanakan studi geolistrik guna memastikan daerah sebaran yang mungkin terdapat sisa-sisa ceceran crude oil jaman dulu." ungkapnya.

Studi geolistrik yang akan dilakukan selanjutnya, merupakan suatu cara eksplorasi geofisika yang dilakukan untuk menyelidiki keadaan bawah permukaan dengan menggunakan sifat-sifat kelistrikan batuan. Melalui studi tersebut diharapkan dapat mempermudah kerjasama dalam menciptakan lingkungan yang lebih bersih di sekitar operasi perusahaan.

"Apa yang dilakukanPertamina EP Lirik Field ini sebagai wujud komitmen menjaga lingkungan, terutama di sekitar areal perusahaan. Komitmen menjaga lingkungan ini digulirkan melalui program bersih, rapih, dan aman (Beriman) yang telah dicanangkan sebelumnya," tegasnya.

Aksi nyata Pertamina EP Lirik Field dilapangan ini mendapat tanggapan positifdari berbagai kalangan, seperti dari unsur Muspika Kecamatan Lirik maupun dari DLH Inhu yang disampaikan melalui Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup (P4LH), dimana diharapkan sinergi yang telah terbangun dapat ditingkatkan sehingga setiap permasalahan yang muncul dapat segera ditangani. Jelasnya. *** (guh)


 

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang