Selasa, 16 Juli 2019 14:06

Tangkap 3 Tersangka, Polda Riau Sita 10 Kg Sabu dan 15 Ribu Butir Ekstasi

Polda Riau menggagalkan penyelundupan 10 kilogram sabu dan 15 ribu butir ekstasi dari Malaysia. Tiga tersangka ditangkap.

Riauterkini - PEKANBARU - Bersama tiga orang tersangka yang merupakan jaringan internasional, 10 kilogram narkoba jenis sabu asal Negeri Jiran Malaysia berhasil diamankan kepolisian Daerah Riau. Bukan hanya sabu, petugas juga menemukan 15.490 butir pil ekstasi berbagai macam logo.

Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Kombes Pol Suhirman dalam temu pers di Ditnarkoba Polda Riau yang berlokasi di jalan Prambanan, Selasa (16/07/19) menjelaskan pihaknya berhasil menggagalkan penyelundupan barang haram itu pada awal Juli 2019 lalu di Kabupaten Bengkalis.

"Ada tiga lokasi yang berbeda, yang pertama di wilayah Sungai Pakning, Bukit Batu, dimana kita berhasil menangkap tersangka berinisial D. Kemudian kita kembangkan dan berhasil menangkap A. Sedangkan tersangka ketiga berhasil ditangkap di Bukit Barisan Pekanbaru berinisial Bd," terangnya.

Diterangkannya, D diketahui memiliki peran sebagai pengendali di lapangan, A sebagai kurir dan penyimpan barang, sementara Bd hanya sebagai kurir.

"Ini masuk lewat pantai timur jalur sutera yakno Riau. Sementara wilayah edarnya keluar Riau," Katanya.

Menurut keterangan tersangka, narkoba yang dikemas dengan bungkus teh china berwarna kuning bertuliskan Guanyinwang ini, rencana akan di edarkan di wilayah Palembang, Sumatera selatan.

"D mengaku suda empat kali meloloskan pengiriman sabu ini. Setiap kali lolos, dia mendapat bayaran sebesar Rp20 juta dari bandar yang mengendalikan peredaran narkoba itu," tutur Suhirman.

Ia mengatakan pihaknya saat ini juga berupaya  melakukan pengembangan kasus tersebut. Termasuk mengungkap bandar besar sindikatnya. "Kita sudah kantongi identitasnya," tuturnya. 

Sementara,saat ini, ketiga tersangka dan barang bukti narkoba serta dua sepeda motor dan kendaraan roda empat diamankan di Ditresnarkoba Polda Riau guna pemwriksaan lebih lanjut. Mereka terancam pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) UU RI NO 35 TAHUN 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati atau penjara paling singkat 5 tahun, paling lama 20 tahun pen

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang